Cik Ujang Juga Bangun Jalan Gumay Ulu – Tinggi Hari 

Jumat, 26-Mei-2023, 16:11


LAHATONLINE.COM, TINGGI HARI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), dalam waktu dekat ini akan segera memperbaiki akses jalan penghubung Kecamatan Pulau Pinang menuju Gumay Ulu via Desa Tinggi Hari.

Bupati Lahat, Cik Ujang SH melalui Kepala Dinas PUPR, Mirza Azhari ST MT mengemukakan, pihaknya telah menganggarkan dana sebesar Rp 20 M, guna memperbaiki akses jalan sepanjang 15 kilometer (KM) tersebut.

“Insyaa Allah, dalam waktu dekat ini akan bergerak memperbaiki, sekaligus mengaspalnya sebab ada beberapa objek wisata disana,” sebutnya, Jum’at (26/05/ 2023)

Hanya saja, sambung dia, dikarenakan kondisi akses jalan banyak bersinggungan dengan jurang, maka, pihaknya meminta kepada kecamatan bersangkutan dan kepala desa (Kades), dapat mengakomodir warga yang lahannya terkena penggusuran.

“Ada beberapa titik jalan yang lokasinya jurang, nah, kita minta kedua camat dan kades, untuk menyakinkan penduduk untuk memberikan lahan untuk dibuka jalan, sehingga menjauh dari jurang yang cukup dalam,” terang Mirza Azhari.

Sementara itu, Camat Gumay Ulu, Tarmidi SSos MM menyebutkan, pihaknya sangat menunggu-nunggu jalan penghubung tersebut diperbaiki dan diaspal.

“Karena, didalamnya ada objek wisata Grand Canyon, Cughup Panjang dan Komplek Megalitikum yang dapat dipromosikan, apabila ditopang dengan akses jalan yang baik,” ulasnya.

Tentunya, masih kata dirinya, pihaknya dan kades kedua belah pihak, akan saling berkoordinasi untuk meminta kepada pemilik tanah, agar dapat memberikannya sehingga akses jalan segera dikerjakan.

“Mudah-mudahan, semuanya berjalan dengan lancar dan dapat memberikan kemudahan. Terlebih lagi, dengan baiknya sarana jalan, tidak tutup kemungkinan wisata yang ada akan banyak pengunjungnya,” harap Tarmidi.

Terpisah, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lahat, daerah pemilihan (Dapil) lll, H Nopran Marjani SPd mengatakan, memang akses jalan penghubung tersebut sudah dianggarkan.

Hanya saja, terkendala dengan lahan kebun milik warga yang tidak mau dibebaskan.
“Hal ini, mengingat keadaannya banyak sekali jurang-jurang dalam. Makanya, sebagai kepala di kecamatan dan desa supaya bisa menyakinkan pemilik tanah untuk dibuat jalan baru,” sebutnya.

Hal ini, lanjut dia, akan memberikan dampak positif bagi perkembangan desa serta aktifitas penduduk disana, apalagi disana banyak sekali kebun kopi dan karet.

“Ditambah destinasi wisata yang selama ini tertidur, sudah saatnya dibangunkan lagi untuk kedepannya bisa mendatangkan pendapatan asli daerah (PAD),” tutup H Nopran Marjani. (Dra)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater