Petani Kopi Muara Payang, Berharap Ada Peningkatan Hasil Produksi 

Minggu, 30-April-2023, 17:11


LAHATONLINE.COM, MUARA PAYANG -Seandainya pekebun kopi banyak stok hasil panen, dapat dipastikan harga jual sangatlah tinggi, yang mana kisaran diangka Rp 26.000 hingga Rp 28.000 perkilogram.

Hanya saja, buah yang favorit setiap pagi diseduh menggunakan cangkir tidak banyak panen.

Putalra pekebun kopi asal Desa Muara Gelumpai, Kecamatan Muara Payang menerangkan, buah kopi tahun ini sangat sedikit sekali panen, hanya 5 – 6 karung saja. Di tahun sebelum capai 10 – 20 karung.

“Alhamdulillah, tapi kopi yang panen tidak sebanyak tahun sebelumnya, untuk harga jualnya sendiri sangat tinggi,” ungkapnya, Minggu (30/04/2023).

Kemungkinan, disebabkan faktor cuaca, Putra menuturkan, awal tahun intensitasnya tinggi, sehingga mempengaruhi terhadap jumlah produksi.

“Inilah penyebabnya, sedangkan kopi ini tanaman memerlukan kondisi suhu yang sedang-sedang saja, tidak terlampau banyak curah hujan,” terannya.

Senada, Kamran pekebun lainnya, dirinya menambahkan, biasanya setiap tahun sekali panen dapat menghasilkan 1 ton – 1.5 ton biji kering.

“Tapi kali ini, jauh berbeda hanya mampu 500 kilogram saja, oleh karena itulah, dijual untuk kebutuhan sehari-hari,” ulasnya.

Justru ini, lanjut dia, sangat berdampak pada perekonomian rakyat yang mayoritas mata pencaharian penduduk dari hasil berkebun.

“Itulah makanya walaupun harga jualnya tinggi, tetapi kopi yang dihasilkannya tidak sesuai dengan tahun-tahun sebelumnya,”ujar Kamran.

Kamran berharap, pada tahun berikutnya kopi yang dihasilkan akan lebih baik, sehingga roda perekonomian masyarakat berjalan sebagaimana mestinya.

“Oleh karena itulah, kami inginkan harga dipasaran dapat stabil sehingga pekebun disini pun sedikit senang dan bahagia,”harapnya. (Dra)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Rabu, 27-Maret-2024 - 17:54

Guru Penggerak Terus Bertambah 

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater