PENGUATAN KARAKTER, SMP N 1 KOTA AGUNG GELAR SANTREN KILAT

Kamis, 6-April-2023, 23:03


KOTA AGUNG – SMPN 1 Kota Agung menggelar kegiatan pesantren kilat 3 hari di bulan Ramadhan 1444 Hijriah. Kegiatan pesantren kilat ini diadakan untuk penguatan karakter dan menanamkan pembiasaan membaca Al-Qur’an bagi siswa.

Kepala SMPN 1 Kota Agung, Enik Alyupis, S.Pd mengatakan, “kegiatan dilaksanakan 3 hari pada bulan Ramadhan yaitu pesantren kilat dari pukul 07.30 sampai dengan 08.30 Wib. Dalam kegiatan itu, siswa membaca Al-Qur’an di halaman AULA sekolah. “Setelah itu, belajar di kelas,” ungkapnya Kamis (06/04/2023).

Enik menjelaskan, tujuan pesantren kilat adalah untuk menanamkan pembiasaan membaca Al-Qur’an pada bulan suci Ramadhan. “Di mana setiap amal dan ibadah pada bulan Ramadhan dilipatgandakan oleh Allah SWT, sehingga semua sekolah diimbau untuk terus berlomba melaksanakan kegiatan tersebut,” ujar Enik.

SMPN 1 Kota Agung terus berupaya meningkatkan pendidikan karakter para siswa. Salah satu cara yang dilakukan yaitu melalui literasi Al-Qur’an. Tidak hanya saat Ramadhan, siswa diajak untuk membaca Al-Qur’an, seperti pembacaan Surat Yasin seminggu satu kali sebelum memulai pembelajaran di kelas pada pagi hari.

Bentuk kegiatan dari literasi Al-Qur’an itu yakni seluruh siswa harus datang tepat waktu pada pukul 07.00 Wib di sekolah. Semua siswa diminta berwudu dari rumah masing-masing. Semua siswa juga membawa Al-Qur’an/Yasin dari rumah masing-masing. Para siswa membaca Al-Qur’an bersama-sama di Aula sekolah.

Kegiatan literasi Al-Qur’an ini, kata Enik, sebagai salah satu upaya memperkuat kemampuan literasi siswa Muslim dalam membaca dan memahami Al-Qur’an. Kegiatan ini juga sebagai upaya penguatan pendidikan karakter bagi siswa.

“Literasi adalah langkah akserelatif dan sistematis dalam menumbuhkembangkan tiga kemampuan utama dalam berinteraksi dengan Al-Qur’an dengan tujuan untuk meningkatkan upaya penguatan pendidikan karakter generasi bangsa di masa depan,” harap Enik.

Sementara itu di tempat terpisah Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat, Suherdin pada awak media mengatakan,” pengaturan waktu jam pembelajaran setiap mata pelajaran maupun kegiatan imtak selama bulan Ramadan agar disesuaikan oleh masing-masing sekolah dengan ketentuan kegiatan pembelajaran dan kegiatan lainnya dimulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 11.00 wib.

“Sekolah melaksanakan kegiatan Ramadhan 1444 hijriah dengan mengembangkan kegiatan Imtak yang mengarah pada peningkatan akhlak mulia, pemahaman, pendalaman, dan praktik amaliah keagamaan, baik di sekolah maupun melalui tugas rumah yang selaras dengan kegiatan imtak,” ujarnya.

Masing-masing sekolah diberikan kebebasan memilih jenis kegiatan imtak. Sekolah diharapkan mengadakan persiapan yang diperlukan. Beberapa contoh kegiatan yang bisa dilakukan sekolah antara lain pesantren kilat, diskusi, muzakarah, dan musyawarah tentang tema-tema aktual keagamaan. Selain itu, latihan dakwah atau ceramah agama oleh siswa yang memiliki potensi. Bakti sosial, latihan baca tulis dan pendalaman Al Qur’an Serta kegiatan lainnnya,”tegas kepala dinas Pendidikan Kabupaten Lahat.

Caplin/LO

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater