PENGEMBANGAN INOVASI DALAM PEMBELAJARAN

Kamis, 9-Maret-2023, 07:18


Dita Kurniasari, S.Pd. adalah Mahasiswa Magister Teknologi Pendidikan di Universitas Sriwijaya Palembang yang berasal dari Kabupaten Lahat dan saat ini bertugas di SD Negeri 73 Palembang, Kamis, (9/3/23).

Perubahan dan perkembangan zaman seperti saat ini menjadi sebuah dinamika yang terus terjadi dalam bidang Pendidikan. Perkembangan tersebut juga menuntut bidang pendidikan agar dapat bertahan dan mengikuti pola yang ada agar tidak tertinggal dengan kondisi terkini. Perkembangan dalam bidang Pendidikan sangat erat kaitannya dengan istilah inovasi. Inovasi dalam dunia pendidikan adalah sebuah kewajiban bagi semua pelaku pendidikan. Terlebih lagi perkembangan ilmu Pengetahuan dan teknologi yang semakin tumbuh dengan cepat sehingga berdampak pada Pendidikan.

Inovasi sendiri dimaknai sebagai pembaruan atau perubahan dengan ditandai oleh adanya hal-hal yang baru. Inovasi adalah sebagai suatu ide, gagasan, praktik atau obyek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi. Upaya untuk mencari hal yang baru itu, disebabkan oleh beberapa hal antara lain dalam upaya untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh seorang guru atau pendidik. Inovasi pada dasarnya adalah pemikiran cemerlang yang bercirikan hal baru yang berupa praktik-praktik tertentu ataupun berupa produk dari suatu hasil olah-pikir dan olah-teknologi yang diterapkan melalui beberapa tahapan tertentu dimaksudkan untuk dapat memecahkan persoalan yang muncul untuk memperbaiki suatu keadaan ataupun proses tertentu yang terjadi di sekolah.

Di bidang pendidikan sendiri untuk memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapi seorang guru harus menganalisis masalah-masalah yang sedang di hadapi dalam proses pembelajaran, baik dengan menganalisis siswanya, metode, ataupun media yang di gunakan, sehingga dengan menganalisis masalah seorang guru dapat mengetahui apa saja yang di butuhkan serta inovasi apa yang harus dilakukan sehingga masalah tersebut dapat bisa diatasi serta tidak menghambat dalam proses pembelajaran.

Dalam mengembangkan inovasi tentunya harus adanya dukungan oleh seluruh elemen pendidikan baik pemerintah, kepala sekolah, guru, dan masyarakat serta sarana dan prasarana yang sudah mendukung untuk proses pembelajaran tersebut. Seorang guru dapat berinovasi menggunakan media/metode/strategi yang bervariatif, agar siswa tidak merasa bosan. Selain itu guru pun harus bisa memberikan inovasi terhadap siswa, sehingga siswa pun semakin termotivasi dalam pembelajaran. Guru dapat mengembangkan konten-konten pembelajaran yang bervariatif dan tetap edukatif.

Pembuatan konten pembelajaran harus sesuai dengan proses pengajaran yang dilakukan guru yang nantinya dapat meningatkan kualitas pembelajaran. Pembelajaran yang berinovasi harus responsif terhadap kebutuhan siswa dan struktur pendidikan agar pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien.

(TERIMO/LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater