PERANAN EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN

Kamis, 6-Oktober-2022, 21:12


PALEMBANG – Karhada, Mahasiswi Asal Lahat Jurusan Magester Teknologi Pendidikan Universitas Sriwijaya, saat ini sebagai guru kelas Sekolah dasar negeri 10 Palembang, bertempat di jalan Sultan Muhammad Mansur, Lorong Sei Itam Kelurahan Bukit Lama Kecamatan Ilir Barat 1 (satu) Palembang.

Menurut KARHADA S.Pd selaku guru kelas SDN 10 Palembang dirinya menyampaikan “Evaluasi dan validasi merupakan hal yang penting dalam sebuah pendidikan. Evaluasi dan validasi harus dilakukan secara periodik terhadap peserta didik terkait dengan materi ajar yang telah dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur seberapa jauh peserta didik memahami materi yang telah diberikan guru. Selain itu evaluasi juga menumbuhkan semangat peserta didik untuk lebih giat belajar sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif, ” ujarnya, Kamis (6/10/22).

Sehingga dapat dikatakan bahwa evaluasi mempunyai dua makna yaitu evaluasi memberikan informasi secara optimal dan kedua yaitu manfaat yang diperoleh dari sebuah evaluasi.

Manfaat yang paling esensi dari evaluasi adalah meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik yang terlihat dari hasil evaluasi belajar yang didapatkan sesuai dengan harapan sehingga akan diperoleh peningkatan kualitas pendidikan secara umum.

Selain itu evaluasi pada implementasi pembelajaran membutuhkan data atau informsi tentang proses pelaksanaan pembelajaran dan tingkat keberhasilan dari tujuan yang ingin dicapai.

Evaluasi dan validasi tidak hanya diperlukan pada tingkat PAUD namun juga pada tingkat perguruan tinggi. Contoh kecilnya dari mulai kita berpakaian kita akan menghadap ke cermin dengan tujuan sudah rapikah penampilan kita hari ini. sampai pada hal-hal yang lebih besar dalam kehidupan manusia seperti pendidikan.

Dalam proses pembelajaran evaluasi dan validasi sangat dibutuhkan untuk memahami tingkat kemampuan peserta didik sehingga memudahkan dalam mengambil keputusan tentang hasil belajar peserta didik apakah akan ada kegiatan remedial atau pengayaan terhadap materi yang telah diajarkan.

Selain itu juga hasil evaluasi dan validasi dapat dimanfaatkan guru untuk merefleksi diri untuk menjadi lebih baik lagi. Andaikata evaluasi yang didapat tidak sesuaidengan harapan maka guru akan mencari penyebab ketidakberhasilannya tersebut. Indikator ketidakberhasilan proses pembelajaran bisa disebabkan oleh tingkat pemahaman siswa yang rendah, konten materi pelajaran yang tidak sesuai dengan tingkat usia anak, banyaknya materi pelajaran yang efeknya ketidaksesuaian dengan waktu yang diberikan bahkan bisa terjadi kurangnya penguasaan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga peserta didik sulit untuk memahami yang berdampak pada kecilnya nilai yang didapat setelah mengikuti evaluasi belajar.

Selain itu, evaluasi juga sangat dibutuhkan untuk mencari tahu sampai sejauh mana dapat melakukan perbaikan ataupun bantuan terhadap kelemahan siswa.

Evaluasi dan validasi diharapkan dapat memperbaiki dan mengembangkan program pengajaran.

” Sehingga dapat disimpulkan peranaan evaluasi dan validasi sangat penting bagi pendidikan khususnya pembelajaran baik bagi pendidik, peserta didik maupun masyarakat. Karena dengan evaluasi dan validasi kita dapat menentukan langkah atau keputusan yang lebih baik khususnya bagi dunia pendidikan.

(TERIMO/LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KIKIM TIMUR - Rabu, 30-November-2022 - 21:24

POLSEK KIKIM TIMUR SOSIALISASI SABER PUNGLI

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT - Rabu, 30-November-2022 - 18:30

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MULAK ULU - Rabu, 30-November-2022 - 11:29

CAMAT ELSYE TERIMA TIM DISPERIKAN LAHAT

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater