Emak-Emak Merapi Timur Unjuk Rasa Simpang 4 PT. Serpo Lintas Raya 

Rabu, 5-Oktober-2022, 18:32


LAHATONLINE.COM TANJUNG JAMBU – Puluhan emak-emak Merapi Timur yang tergabung dalam Forum Merapi Bersatu Merapi Timur (FMBMT) melakukan aksi unjuk rasa di simpang serpo desa Tanjung Jambu Kecamatan Merapi Timur.

Dalam orasinya, para emak-emak ini meminta Kepemda Lahat khususnya dinas perhubungan untuk mencabut izin melintas di jalan umum wilayah merapi Area terhadap seluruh perusahaan batu bara.

Karena menurutnya, pihak perusahaan sangat meresahkan, bahkan para emak-emak mengungkapkan sudah tidak tahan lagi menghirup debu batu bara yang bertebaran.

Hal ini dibenarkan oleh Yulia Ningsih selaku koordinator Forum Merapi Bersatu Merapi Timur.

“Tuntutan kami untuk meminta agar angkutan batu bara tidak melintas lagi di jalan lintas Merapi Timur berlaku untuk seluruh Perusahaan batu bara diseluruh Merapi Area” tegasnya.

Mengapa demikian?, Karena kami selaku warga sudah tidak tahan lagi menghirup debu. Kami sudah capek pak, kami sudah tidak tahan lagi, ungkapnya kesal.

Ditempat yang sama, Tanhar warga Tanjung Jambu yang rumahnya di pinggir jalan lintas mengaku sangat merasakan dampak daei debu batu bara. Ia menyampaikan, unjuk rasa yang dilaksanakan pada pukul 17.00 WIB, adalah sebagai rasa wujud kekesalan terhadap pihak perusahaan batu bara di Merapi Area.

“Buat saja jalan sendiri, jangan melintas di jalan raya, kemudian debu baru bara ini sangat mengganggu pernafasan kami” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, apa bila tidak ada tindak lanjut dari pihak perusahaan dalam waktu satu Minggu, maka para emak-emak akan melakukan unjuk rasa didepan istana presiden.

Sementara itu, unjuk rasa yang melibatkan pihak keamanan personel Polres Lahat berjalan aman dan tertib.

Kompol Aan Sumardi Kabag Ops Polres Lahat memberikan saran agar para pengunjuk rasa ada perwakilan untuk menyampaikan tuntutannya kepihak serpo.

“Alhamdulillah saran kita diterima oleh para emak-emak, dan sekarang mereka lagi koordinasi dengan pihak perusahaan” ujarnya.

Kompol Aan juga menyampaikan, pihaknya adalah sebagai penengah, serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjuk rasa maupun kepihak perusahaan

“Kami bersyukur, unjuk rasa ini tidak terjadi anarkis” tambahnya.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KIKIM TIMUR - Rabu, 30-November-2022 - 21:24

POLSEK KIKIM TIMUR SOSIALISASI SABER PUNGLI

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT - Rabu, 30-November-2022 - 18:30

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MULAK ULU - Rabu, 30-November-2022 - 11:29

CAMAT ELSYE TERIMA TIM DISPERIKAN LAHAT

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater