Dinkes Lahat Launching Aksi Bergizi Di SMA Negeri 2 Lahat

Jumat, 30-September-2022, 15:33


LAHATONLINE.COM, LAHAT – Pada hari ini, Jumat, 30 September 2022 diadakan kegiatan launching aksi bergizi cegah stunting di SMAN 2 Lahat. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Kesehatan.

Tujuan kegiatan ini antara lain untuk meningkatkan pengetahuan remaja putri tentang pentingnya asupan zat besi di usia remaja serta pencegahan anemia. Selain itu, bertujuan untuk pendistribusian konsumsi tablet tambah darah bagi remaja putri.

Hal ini dibenarkan oleh kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat Taufiq Maryansa Putra, SKM.,MM ketika ditemui awak media di sela-sela acara.

“Disamping itu, kegiatan ini menindaklanjuti peraturan presiden nomor 72 tahun 2021 terkait percepatan penurunan stunting dan surat edaran HK 03.03/V/0595/2016 tentang pemberian tablet tambah darah pada remaja putri dan wanita usia subur dan surat edaran dari rim pembina usaha kesehatan sekolah/madrasah sekretariat daerah provinsi sumatera selatan nomor : 046/SE/TP-UKSM/III/VIII/2022 tentang pelaksanaan program minum tablet tambah darah remaja putri dan literasi gizi disekolah”beber Taufiq.

Maka dari itu, dinas kesehatan Kabupaten Lahat, Disdik, kemenag dan kesra selaku pembina UKS melaksanakan Launching Aksi Bergizi di Kabupaten Lahat pada hari ini bersama 4 Puskemas dalam kota yakni, Puskesmas Bandar Jaya, Perumnas, Selawi dan Pagar Agung dan bertepatan dengan hari kesehatan Nasional (HKN) dibulan November akan dilaksanakan serentak diseluruh puskesmas diwilayah Kabupaten Lahat, lanjutnya.

Ditempat yang sama Dr. Tri Turnadi, M.Pd Kepala SMAN 2 Lahat dalam sambutannya mengatakan
Stunting merupakan salah satu masalah yang ada di Indonesia yaitu kekurangan gizi terhadap anak-anak yang di bawah umur atau balita.

“Dan itu sedang ditanggulangi oleh pemerintah Indonesia untuk mengurangi kekurangan gizi bagi anak-anak yang ada di Indonesia khususnya anak-anak Putri, karena anak-anak Putri ini setiap bulan terutama anak-anak remaja sudah mengalami masa namanya subur sehingga mereka banyak memerlukan vitamin untuk menambah darah Mereka, kemudian disosialisasikan kepada masyarakat terutama kepada ibu-ibu dalam rangka mempersiapkan mereka berkeluarga nanti” Ujarnya.

Dan Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Dinas kesehatan Kabupaten Lahat yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menjadi tuan rumah dan giat ini, mudah-mudahan apa yang telah dilaksanakan ini akan menjadikan suatu kerjasama yang baik antara pemerintah Kabupaten Lahat dengan SMA 2 Lahat, ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Lahat H. Haryanto menyampaikan dalam kegiatan Launching Aksi Bergizi di SMAN 2 Lahat diharapkan mampu memberikan wawasan kesehatan kepada para siswa/i untuk selalu memperhatikan asupan gizi mereka saat usia remaja.

“Harapannya siswi putri meminum tablet darah ini pada hari yang sama setia hari, usahakan minum TTD ini setelah sarapan dan diminum dengan air putih agar penyerapan besi ya maksimal. Pemberian TTD pada remaja putri ini untuk mencegah nantinya melahirkan bayi dengan tubuh pendek atau stunting. Sehingga terciptanya generasi penerus di Kabupaten Lahat yang sehat dan cerdas yang punya daya saing ditingkat global. Maka kegiatan ini dimaksudkan supaya pelajar putri mampu memberikan edukasi lanjut kepada kawan-kawan lainnya yang tidak mengikuti kegiatan ini secara langsung” pesan wabup.

Pantaun media ini, pelaksanaan Launching Aksi bergizi ditandai dengan pemukulan Gong oleh wakil Bupati Lahat serta pengguntingan pita balon.

Acara juga dimeriahkan dengan tarian kreasi oleh siswa-siswi SMAN 2 Lahat.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KIKIM TIMUR - Rabu, 30-November-2022 - 21:24

POLSEK KIKIM TIMUR SOSIALISASI SABER PUNGLI

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT - Rabu, 30-November-2022 - 18:30

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MULAK ULU - Rabu, 30-November-2022 - 11:29

CAMAT ELSYE TERIMA TIM DISPERIKAN LAHAT

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater