Fitrizal Homizi : “๐—š๐—ผ๐—ผ๐—ฑ ๐— ๐—ถ๐—ป๐—ถ๐—ป๐—ด ๐—ฃ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฐ๐˜๐—ถ๐—ฐ๐—ฒ ๐—ฆ๐—ฒ๐—ฏ๐—ฎ๐—ด๐—ฎ๐—ถ ๐—ฃ๐—ถ๐—น๐—ฎ๐—ฟ ๐—ฃ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฒ๐—น๐—ผ๐—น๐—ฎ๐—ฎ๐—ป ๐—ฃ๐—ฒ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐—บ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—ก๐—ฎ๐˜€๐—ถ๐—ผ๐—ป๐—ฎ๐—น”ย 

Rabu, 28-September-2022, 12:33


LAHATONLINE.COM, LAHAT – SETIAP usaha atau kegiatan pertambangan di Indonesia tak terkecuali di Kabupaten Lahat harus memiliki izin serta dilakukan sesuai peraturan perundangan dan hukum yang berlaku. Antara lain, UU No. 3/2020 tentang perubahan atas UU No. 4/2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara, Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2021, tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Peraturan perundangan tersebut mengatur aspek penting yang harus diperhatikan untuk dapat menjalankan kegiatan pertambangan dengan baik dan benar (๐˜Ž๐˜ฐ๐˜ฐ๐˜ฅ ๐˜”๐˜ช๐˜ฏ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ ๐˜—๐˜ณ๐˜ข๐˜ค๐˜ต๐˜ช๐˜ค๐˜ฆ). Di antaranya, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pertambangan, Keselamatan Operasi Pertambangan, pengelolaan dan pemantauan lingkungan pertambangan, termasuk reklamasi dan pasca tambang.

Memperhatikan aspek-aspek tersebut, artinya teknik pertambangan bukan semata-mata menata tambang menjadi rapi, melainkan juga mengedepankan keselamatan dan kesehatan kerja, keselamatan operasi dan lingkungan, serta ๐™จ๐™ช๐™จ๐™ฉ๐™–๐™ž๐™ฃ๐™–๐™—๐™ก๐™š ๐™ข๐™ž๐™ฃ๐™ž๐™ฃ๐™œ dengan melakukan konservasi terhadap sumber daya yang ditambang.

Sumber daya batu bara yang akan diambil dari wilayah pertambangan harus selalu diperhatikan serta melakukan sistem pengelolaan yang baik agar tidak cepat habis dan sia-sia. Misalnya, tidak menempatkan disposal pada lokasi yang masih terdapat potensi batubara atau melakukan penambangan dengan tidak mengganggu sumber daya batubara yang ada disekitarnya. Sehingga kegiatan penambangan untuk memenuhi kebutuhan saat ini tidak mengganggu pemenuhan kebutuhan dimasa yang akan datang.

๐™‚๐™ค๐™ค๐™™ ๐™ˆ๐™ž๐™ฃ๐™ž๐™ฃ๐™œ ๐™‹๐™ง๐™–๐™˜๐™ฉ๐™ž๐™˜๐™š, harus dilakukan agar industri pertambangan bisa memberikan dampak positif, baik untuk ekonomi negara dan juga lingkungan. Dengan praktik pertambangan baik ini bisa membuat kegiatan pertambangan berkelanjutan (๐˜ด๐˜ถ๐˜ด๐˜ต๐˜ข๐˜ช๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฃ๐˜ญ๐˜ฆ ๐˜ฎ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ). Karena sumber daya alam meski tidak diperbaharui (๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ฆ๐˜ธ๐˜ข๐˜ฃ๐˜ญ๐˜ฆ) namun tetap bisa terjaga dengan praktik-praktik yang baik ini.

Oleh karena untuk menjamin terlaksananya kaidah-kaidah pertambangan yang baik dan benar, maka harus didukung oleh instrumen pengawas yaitu Inspektur Tambang (IT) yang mumpuni dan berkompeten sebagai garda terdepan atas pengelolaan kegiatan pertambangan.

Kabupaten Lahat terdapat 32 IUP Produksi telah dirasakan dampaknya terhadap kehidupan sosial dan lingkungan hidup masyarakat disekitarnya, antara lain rawan kecelakaan dan macet karena kapasitas dan kemampuan jalan raya tidak sebanding dengan produksi batubara, debu, bising, kesehatan terganggu (penyakit ISPA) karenanya diharapkan Dirjen Minerba dapat segera menyesuaikan dan meningkatkan sistem perangkat pengawasan beserta peningkatan kompetensi aparat pengawas (IT) untuk menjawab isu dan tantangan tersebut.

๐—”๐—ฝ๐—ฝ๐—ฟ๐—ฒ๐—ฐ๐—ถ๐—ฎ๐˜๐—ฒ๐—ฑ ๐—ฃ๐—ง. ๐—•๐—ฎ๐—ป๐—ท๐—ฎ๐—ฟ๐˜€๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ ๐—ฃ๐—ฟ๐—ถ๐—ฏ๐˜‚๐—บ๐—ถ yang telah melaksanakan kaidah-kaidah penambangan dengan baik dan benar (K3, Keselamatan Operasi Pertambangan, pengelolaan dan pemantauan lingkungan pertambangan, termasuk reklamasi) selain itu juga melakukan kerjasama operasional saling menguntungkan dengan PT. GGB sehingga dapat meminimalisir dampak lingkungan. Harapan kedepan kerjasama ini dapat menjadi referensi bagi perusahaan tambang lainnya termasuk juga pembuatan jalan khusus batubara untuk mengatasi kemacetan dijalan raya.

# FH270922

# TogetherWeCan

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KIKIM TIMUR - Rabu, 30-November-2022 - 21:24

POLSEK KIKIM TIMUR SOSIALISASI SABER PUNGLI

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT - Rabu, 30-November-2022 - 18:30

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MULAK ULU - Rabu, 30-November-2022 - 11:29

CAMAT ELSYE TERIMA TIM DISPERIKAN LAHAT

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater