Bunga Bangkai Tumbuh Mekar, di Dusun Proyek

Rabu, 31-Agustus-2022, 23:54



Muara Payang – Minggu sore (28/8), Yeyet (35), dikejutkan penemuan anak si mata wayangnya yang baru saja pulang dari mengaji. Tidak beberapa lama Yeyet menuju lokasi yang disebutkan anaknya itu, warga Dusun Proyek, Desa Muara Payang, Kecamatan Muara Payang ini, menyaksikan pemandangan unik dibalik disekitar kebunnya. Benda berukuran sekitar lima puluh centmeter, berwarna kuning berdiri tegak dibawah pinggir kebun.


Yeyet pun bergegas memastikan apa yang dilihatnya itu. Setelah didekati, ternyata yang dilihat Yeyet adalah sebatang bunga bangkai (kehuhut.red), dengan ukuran cukup besar, dengan kondisi masih menguncup. Menemukan bunga langka, Yeyet pun memberitahukan kepada warga, hingga informasi itu cepat menyebar dari mulut kemulut.
“Pinggir kebun dekat jalan, baru kali ini tekinak bunge sebesak ini,” kata Yeyet, Kamis (31/8).


Lokasi tumbuhnya bunga bangkai tersebut persis berada diatas tanah yang cukup subur, dan diperkirakan tumbuh sekitar lima hari lalu. Sebab, sebelumnya Yeyet mengaku tidak melihat bunga itu berdiri dilokasi penemuan.


Keberadaan bunga yang jarang sekali ditemukan ini cukup menarik perhatian warga Desa Muara Payang dan Muara Gelumpai yang bertetenggaan. Warga pun berbodong-bondong menuju lokasi untuk melihat bunga akan berukuran lebih tinggi dari orang dewasa itu.
“Baru kali ini lihatnya. Kebetulan masih nguncup,” ujar Ruzan (40), warga Muara Payang


Posisi bunga yang belum mekar, tentu saja belum menimbulkan aroma tidak sedap. Namun, diperkirakan beberapa hari kedepan, bunga yang dapat membuat jebakan serangga di dalam kelopak bunganya ini, akan mekar. Dipastikan saat bunga ini mekar, aroma busuk akan dikeluarkan. Sehingga bunga ini disebut bungai bangkai. (Ind)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater