Pemdes Banjar Sari Salurkan BLT, Edeales Pokal Sampaikan 3 Hal Penting 

Rabu, 31-Agustus-2022, 11:34


Lahatonline.com, Banjar Sari – Pemerintah Desa Banjar Sari Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat pada hari ini kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DDS) tahun anggaran 2022, Rabu (31/08/22).

Penyaluran BLT ini berlangsung di Kantor desa Banjar Sari Dusun II Gang Masjid Kecamatan Merapi Timur. Edeales Pokal, S.STP.MM camat Merapi Timur didampingi kasi pemerintahan hadir langsung dalam kegiatan ini. Selain itu tampak pula kepala desa, BPD, PLD, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Sebelum pembagian BLT, Kepala Desa Banjar Sari Aldiansah berpesan kepada 121 KPM agar mempergunakan dana BLT sesuai kebutuhan.

“Mengenai pembagian BLT ini sudah berlangsung 3 kali pembagian. Jadi kepada KPM jangan salah kaprah, ini adalah periode ke III kita salurkan kewarga, yaitu periode Juli Agustus dan September. Kami berpesan, gunakanlah dana ini dengan sebaik mungkin sesuai kebutuhan sehari -hari, mengingat harga sembako masih melambung tinggi dan kami berharap uang ini dapat membantu warga” ujar Aldiansah.

Sama halnya yang disampaikan kades, Camat Merapi Timur Edeales Pokal, S.STP.MM berpesan agar warga penerima BLT bisa memanfaatkan dana tersebut sesuai kebutuhan yang mendasar.

“Ini adalah bentuk perhatian dari pemerintah terhadap masyarakat, oleh karena itu, benar apa yang disampaikan kepala desa gunakanlah untuk kebutuhan yang mendasar, minimal uang BLT ini dapat memenuhi kebutuhan warga” pesan Camat.

AJAK WARGA DUKUNG PROGRAM BUPATI

Edeales Pokal juga mengajak pemerintah desa beserta warga untuk mendukung Bupati Lahat dalam mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Lahat.

Adapun berbagai langkah percepatan yang dilakukan antara lain dengan mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin dengan bantuan langsung tunai dan jenis bantuan lainnya. Meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin dengan pelatihan ketrampilan kewirausahaan, mengembangkan dan menjamin keberlanjutan usaha mikro dan kecil, serta mensinergikan kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan, ajak Camat.

Kemudian penurunan stunting memberikan bantuan kesehatan, makanan bergizi dan hendaknya masyarakat untuk selalu empati terhadap tetangga sekitar yang kurang mampu.

BENTUK TIM PENANGGULANGAN BENCANA KEBAKARAN

Antisipasi terjadinya kebakaran, Edeales Pokal mengajak pemerintah desa dalam kecamatan Merapi Timur agar membentuk tim penanggulangan bencana kebakaran.

Tujuannya, ujar Camat, apabila terjadi kebakaran disuatu desa, tim dapat bergerak cepat agar tidak menjalar kerumah warga lainnya.

“Kalau ada tim, tentu bencana kebakaran tidak akan meluas. Perlunya tim ini mengingat sering terjadinya kebakaran diwilayah Kabupaten Lahat” katanya.

Edeales pokal juga mengibgatkan agar warga dapat menjaga rumah masing-masing untuk menghindari terjadinya kebakaran.

Khususnya para ibu-ibu, perhatikan benar-benar apakah kompor apinya sudah mati, kemudian saluran aliran listrik juga diperhatikan, pintanya.

TAAT BAYAR PAJAK

Dalam kesempatan ini, Edeales pokal camat merapi timur mengajak warga untuk taat bayar pajak bumi dan bangunan (PBB).

“Bagi warga yang belum bayar pajak agar dapat segera membayar pajak” himbaunya.

Camat juga menekankan kepada kepala desa untuk mensosialisasikan kewarga untuk kepengurusan surat menyurat supaya memperlihatkan bukti setor bayar pajak. Hal ini dilakukan guna membentuk disiplin masyarakat agar lebih taat bayar pajak.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT - Rabu, 27-Maret-2024 - 17:54

Guru Penggerak Terus Bertambah 

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater