Lima Desa Wilayah Terdekat IUP PT SMS Ikuti Kegiatan Konsultasi Publik RIPPM 

Jumat, 22-Juli-2022, 13:21


Lahatonline.com, Merapi – Bertempat di Aula Kantor Camat Merapi Barat Kabupaten Lahat, PT. Satria Mayangkara Sejahtera (PT. SMS) melaksanakan kegiatan Konsultasi Publik (FGD) Rencana Induk Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (RIPPM) tahun 2023, Jum’at 22/07/22.

Pantauan awak media, dalam forum diskusi FGD ini tampak peserta dari Lima Desa yang berdekatan dengan IUP (Ring 1) PT. SMS yaitu Desa Muara Temiang, Lubuk Kepayang, Tanjung Telang, Karang Endah dan Desa Payo.

“Peserta dari 5 desa tersebut yaitu kades serta stafnya” ujar KTT PT. SMS Dwiana Komara kemedia ini.

Masih Kata Dwi, PT Satria Mayangkara Sejatera merupakan saoah satu perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pertambangan batubara yang berlokasi di Kabupaten Lahat Sumatera Selatan, dimana kegiatan Konsultasi Publik RIPPM telah terjadwal dan wajib untuk dilaksanakan.

“Disamping itu kegiatan FGD ini untuk menjalin silahturahmi dan tetap harapan kami PT SMS diterima masyarakat banyak” ujarnya.

Dijelaskan lebih jauh oleh KTT PT. SMS, dilaksanakan kegiatan konsultasi Publik terhadap Lima desa yang berdekatan dengan IUP PT. SMS adalah untuk mengetahui calon sasaran, kondisi karakteristik dan permasalahan sosial pada lingkungan sekitar usaha pertambangan yang meliputi pendidikan, kesehatan, kondisi sosial dan budaya, kondisi infrastruktur, kondisi kemandirian ekonomi dan kelembagaan komunitas masyarakat dapam menunjang kemandirian ekonomi.

“Tentunya untuk menentukan keputusan tepat dan sesuai dengan lingkungan sehingga menjadi dasar dalam penyusunan Program PPM dan Program PPM ini lebih terukur, terarah, tepat guna dan tepat sasaran” jelas Dwi.

Sementara itu, ESDM cabang Kabupaten Lahat Lela mengatakan “dengan adanya forum iniklita bisa mengakomodir apa yang diingin kan oleh setiap desa karena merupakan suatu penentuan yang mengikat dari perusahaan terhadap desa yang wilayah ring 1” katanya.

“Tentu kami sangat mendukung dari kegaiatan ini” lanjut Lela.

Ditempat yang sama, Bappeda Kabupaten Lahat Febri Ariani Kabid Perekonomian dan SDA mengatakan pihaknya sangat mensuport dan mendukung penuh yang dialkukan oleh PT SMS.

“Pada intinya kami sangat mensuport apa yang telah dilaksanakan oleh PT SMS, dan memang seyogyanya perusahaan pertambangan sebelum RIPPM disahkan, harus melaksanakan konsultasi publik” bebernya.

Senada, Camat Merapi Barat Sumarno sehubungan adanya kegiatan konsuktasi publik oleh PT SMS, ia berharap terhadap perusahaan khususnya pengelola batubara agar mengutamakan kebutuhan masyarakat utamanya dibidang pemberdayaan yang menyentuh langsung kemasyarakat.

“Apapun benntuknya kalau itu berhubungan dengan masyarakat yang bersifat positif kami akan selalu mendukung” tandas camat.

Dias.

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MERAPI BARAT - Minggu, 25-September-2022 - 21:33

Mekanic Subkon PT MAS Tewas Dilindas Dozer

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - Minggu, 25-September-2022 - 19:24

Herma Warga Tanjung Alam Bunuh Diri Minum Gromoxon

selengkapnya..

PAGAR GUNUNG - Minggu, 25-September-2022 - 18:00

MIN 4 LAHAT GO TO PENILAIAN ADIWIYATA

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMI - Jumat, 23-September-2022 - 16:27

SDN 6 Tasti Pumi, Laksanakan Program Jum’at Mengaji

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Jumat, 23-September-2022 - 14:44

SDN 18 KIKIM TIMUR SUKOHARJO BANGUN GEDUNG UKS 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater