HADIRI MUSDES, CAMAT MULAK SEBINGKAI IMBAU DESA CEGAH STUNTING

Rabu, 29-Juni-2022, 23:57


DURIAN DANGKAL – Pemerintah Desa Durian Dangkal Kecamatan Mulak Sebingkai Kabupaten Lahat menggelar Musyawarah Desa dalam rangka penetapan prioritas penggunaan Dana Desa dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa untuk membahas dan menyepakati RKP Desa Tahun 2023. musdes berlangsung di kediaman Kepala Desa Durian Dangkal, Rabu (29/06/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Mulak Sebingkai Herwansyah, SE.MM beserta jajarannya, Kepala Desa Durian Dangkal beserta Perangkat Desa , BPD, Ketua LPM, Ketua TP PKK beserta pengurus, Karang Taruna, pendamping desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Saipudin Kepala Desa Durian Dangkal Kecamatan Mulak Sebingkai menyampaikan bahwa musyawarah ini dilaksanakan merujuk pada intruksi Pemerintah pusat melalui kabupaten Lahat hingga 30 Juni 2022 desa diminta agar selesai menggelar musdes rencana kegiatan pembangunan desa. sebagai upaya untuk pendorong percepatan pembangunan desa tahun 2023.

Melalui Musdes masyarakat dapat menyampaikan usulan pembangunan baik bidang infrsrtruktur, pemberdayaan sdm, ekonomi produktif dan lainnya. setiap rencana kegiatan tetap mengacu pada petunjuk pemerintah dengan mempertimbangkan skala prioritas. diharapkan hasil musdes dapat mendorong percepatan pembangunan, penyerapan tenaga kerja lokal dengan kegiatan padat karya serta dapat mendorong peningkatan ekonomi yang berorientasi kesejahteraan masyarakat”papar kades.

Ditambahkan Saipudin, Musdes pembahasan rencana kegiatan pembangunan desa (RKPDes) agenda rutin yang wajib dilaksanakan setiap satu tahun sekali oleh BPD bersama pemerintah desa dan masyarakat. melalui musdes masyarakat dapat menyampaikan usul rencana kegiatan pembangunan. BPD menampung semua usulan kemudian dibahas dan disepakati untuk ditetapkan dalam bentuk Rkpdes tahun 2023″ tegasnya.

Sementara itu Herwansyah,SE.MM Camat Mulak Sebingkai mengawali pemaparan dengan menyampaikan bahwa Perpres Nomor 104 Tahun 2021, pasal 5 ayat (4) mengamanatkan penggunaan Dana Desa adalah  untuk Program perlindungan sosial berupa Bantuan Langsung Tunai di Desa sebesar paling sedikit 40%
Program Ketahanan Pangan dan hewan paling sedikit 20%
Dukungan kegiatan penanganan Covid-19 paling sedikit 8% dan
Sisanya Program pada sektor prioritas lainnya.
Sehingga dengan adanya perpres tersebut, RKP Desa yang telah disusun Pemerintah Desa Untuk memperjelas terkait hal tersebut, selanjutnya dia menyampaikan pemaparan rancangan anggaran pendapatan dan belanja desa.

Lebih lanjut Herwansyah mengatakan, untuk kegiatan pembangunan yang belum tercakup oleh anggaran Dana Desa, pemerintah desa dapat mengusulkan melalui Anggaran APBD Kabupaten Lahat. dengan demikian capaian pembagunan akan lebih cepat rampung.

Herwansyah juga menghimbau agar pemerintah desa Durian Dangkal memprioritaskan penanganan Stunting. dengan rutin menggelar posyandu desa, pemberian makanan bergizi pada anak balita serta dengan membangun sarana air bersih dan WC”imbuh Herwansyah.

Saat berita ditayangkan, Sesi tanya jawab sedang berlangsung untuk menyepakati rencana,kegiatan pembangunan desa tahun 2023. pelaksanaan musdes relatif berjalan kondusif dengan antusiasme peserta.

Caplin Seganti

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MERAPI BARAT - Minggu, 25-September-2022 - 21:33

Mekanic Subkon PT MAS Tewas Dilindas Dozer

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - Minggu, 25-September-2022 - 19:24

Herma Warga Tanjung Alam Bunuh Diri Minum Gromoxon

selengkapnya..

PAGAR GUNUNG - Minggu, 25-September-2022 - 18:00

MIN 4 LAHAT GO TO PENILAIAN ADIWIYATA

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMI - Jumat, 23-September-2022 - 16:27

SDN 6 Tasti Pumi, Laksanakan Program Jum’at Mengaji

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater