Rislansyah Kades Suka Marga Ajak Warga Sadar Diri Tidak Buang Sampah Sembarang Tempat

Rabu, 22-Juni-2022, 11:32


Lahatonline.com, Suka Marga – Sampai saat ini masalah yang berkaitan dengan permasalahan sampah, kerusakan lingkungan hingga climate change semakin sering diperbincangkan. Pasalnya, permasalahan ini belum teratasi secara menyeluruh. Selain itu, menjadi sebuah konsekuensi bagi daerah dengan populasi penduduk yang tinggi untuk tidak luput dari permasalahan sebagai efek tingginya angka konsumsi yang berakhir meninggalkan jejak sampah dan pencemaran lingkungan. Di perkotaan kita telah banyak mendengar tentang pengelolaan sampah dengan berbagai cara, teknologi, kreatifitas, hingga dukungan pemerintah dalam mengelolah sampah. Namun menjadi pertanyaan, bagaimana hal tersebut terjadi di daerah pedesaan?

Pedesaan cenderung berada di wilayah pinggiran, jauh dari pusat keramaian. Tetapi, tidak menutup kemungkinan sampah yang dihasilkan juga terbilang banyak. Hal lain yang juga perlu menjadi perhatian, bahwa seringkali daerah pedesaan tidak terjamah oleh pemerintah karena akses yang sulit. Dengan demikian akan ada ketimpangan konsentrasi pengelolaan sampah tidak sebaik di daerah perkotaan. Terlebih kecenderungan masyarakat tidak terikat dengan peraturan tentang sampah yang telah dibuat oleh pemerintah, Masyarakat cenderung bebas untuk membuang sampah dimanapun. Seperti yang terjadi di Desa Suka Marga Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat.

Masyarakat Desa Suka Marga masih menjadikan sungai, pinggir jalan lintas, lahan kosong warga sebagai tempat pembuangan sampah akhir.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Desa Suka Marga Rislansyah berkata tegas kepada warganya dalam forum musyawarah desa yang diselenggarakan hari ini, Rabu 22 Juni 2022 di Gedung Serbaguna Desa Suka Marga.

Rislansyah mengajak masyarakat Suka Marga agar memiliki rasa kesadaran diri terhadap permasalahan sampah, minimal Tidak membuang sampah disembarang tempat.

“Jangan hanya mengusulkan ini itu, tapi tidak ada rasa kesadaran diri terhadap sampah” terang Rislansyah.

Dirinya juga mengungkapkan, diawal kepemimpinannya sebagai kepala desa, bersama perangkat desa, dirinya membersihkan sampah yang menumpuk dipinggir jalan, tapi setelahnya, masyarakat masih membuang sampah disembarang tempat.

“Artinya masyarakat masih belum ada rasa sadar diri terhadap permasalah sampah ini” ujar Kades.

Dilajutkan Rislansyah, permasalah sampah telah dibicarakan pada saat musrenbang di Kecamatan Merapi Timur beberapa Bulan Lalu.

“Sudah kita bicarakan ” katanya singkat.

Kedepan, Rislansyah akan berkoordinasi dengan pihak Pertambangan mengenai pembuangan akhir sampah.

“Kami himbau sekali lagi, mari tumbuhkan rasa kesadaran didiri kita masing masing untuk tidak membuang sampah sembarangan” tandasnya.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MERAPI BARAT - Minggu, 25-September-2022 - 21:33

Mekanic Subkon PT MAS Tewas Dilindas Dozer

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - Minggu, 25-September-2022 - 19:24

Herma Warga Tanjung Alam Bunuh Diri Minum Gromoxon

selengkapnya..

PAGAR GUNUNG - Minggu, 25-September-2022 - 18:00

MIN 4 LAHAT GO TO PENILAIAN ADIWIYATA

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMI - Jumat, 23-September-2022 - 16:27

SDN 6 Tasti Pumi, Laksanakan Program Jum’at Mengaji

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Jumat, 23-September-2022 - 14:44

SDN 18 KIKIM TIMUR SUKOHARJO BANGUN GEDUNG UKS 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater