90 RUMAH WARGA TERTAB DAN BANDAR AJI DI LIBAS PUTING BELIUNG

Rabu, 15-Juni-2022, 22:09


BANDAR AJI / TERTAP – Musibah menimpa Bumi Seganti Setungguan terus terjadi, dan kali ini musibah angin Puting Beliung yang menerjang sedikit 90 rumah warga yang ada di Desa Tetap dan desa Bandar Aji Kecamatan Jarai Kabupaten Lahat, Porak Poranda.

Peristiwa terjadinya angin Puting Beliung tersebut, pada Rabu tanggal 15 Juni 2022 sekira pukul 17.00 WIB, akibat dari kejadian tersebut, sedikitnya 90 rumah warga didua Desa Porak Poranda. Untuk didesa Tertap sebanyak 33 rumah 12 rumah rusak berat, dan 21 rumah rusak ringan. Sedangkan, untuk di Desa Bandar Aji sebanyak 57 rumah warga yang mengalami rusak berat ada 21 rumah dan 36 rumah rusak ringan.

Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto SIK melalui Kasi Humas Sugianto SH disampaikan Kasubsi Penmas Humas Polres Lahat Liespono SH membenarkan adanya peristiwa tersebut.

Akibat dari kejadian angin Puting Beliung itu diakui Liespono, sebanyak 90 rumah warga menjadi rusak. Untuk didesa Tertap ada 33 rumah diantaranya 12 rusak berat, dan 21 rusak ringan. Sedangkan, didesa Bandar Aji ada sebanyak 57 rumah diantaranya, 21 rumah warga mengalami rusak berat, dan 36 rumah warga rusak ringan.

“Peristiwa angin Puting Beliung tersebut terjadi pada 15 Juni 2022 sekitar jam 17.00 WIB yang menerjang dua Desa yakni, desa Tertap dan Bandar Aji Kecamatan Jarai, Kabupaten Lahat dan sebanyak 90 rumah warga menjadi Porak Poranda,” ujar Liespono.

Dijelaskannya, berdasarkan keterangan dari kepala desa (Kades) Bandar Aji Raice Antibes angin Puting Beliung bermula dari arah Selatan (Desa Tertap) menuju Barat (Desa Bandar Aji), sehingga mengakibatkan sebanyak 33 rumah warga mengalami kerusakan.

“Kejadian angin Puting Beliung ini baru kali pertama terjadi didesa Tertap menyebabkan 33 rumah warga mengalami kerusakan. Rusak berat ada 12 rumah, dan mengalami rusak ringan ada sekitar 21 rumah,” ucapnya lugas.

Selanjutnya, sambung Liespono, angin Puting Beliung juga menerjang Desa Bandar Aji dan mengakibatkan sebanyak 57 rumah warga mengalami kerusakan diantaranya, 21 rumah rusak berat, dan 36 rumah warga mengalami rusak ringan.

“Dari peristiwa ini, sebagian warga telah membenahi atap rumah yang mengalami rusak ringan dengan menggunakan seng dan terpal. Sedangkan, bagi warga yang rumahnya mengalami rusak parah saat ini mengungsi dirumah sanak keluarga yang tidak terkena Angin Puting Beliung,” pungkasnya.

Terakhir Liespono mencatat, angin Puting Beliung didesa Tertap dan desa Bandar Aji kecamatan Jarai, Kabupaten Lahat sedang terjadi Cuaca Ekstrem, dan tidak menutup kemungkinan angin Puting Beliung kembali terjadi mengingat Kabupaten Lahat kerap terjadi Cuaca Ekstrem.

Harapan kiranya koordinasi dapat ditingkatkan dengan Pemkab Lahat guna menanggulangi dampak bencana alam dan mendirikan Posko Siaga Bencana, serta meningkatkan peran Binmas dalam menghimbau masyarakat untuk tanggap bencana alam, termasuk unit Intelkam guna deteksi dini bencana alam. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MERAPI BARAT - Minggu, 25-September-2022 - 21:33

Mekanic Subkon PT MAS Tewas Dilindas Dozer

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - Minggu, 25-September-2022 - 19:24

Herma Warga Tanjung Alam Bunuh Diri Minum Gromoxon

selengkapnya..

PAGAR GUNUNG - Minggu, 25-September-2022 - 18:00

MIN 4 LAHAT GO TO PENILAIAN ADIWIYATA

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMI - Jumat, 23-September-2022 - 16:27

SDN 6 Tasti Pumi, Laksanakan Program Jum’at Mengaji

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Jumat, 23-September-2022 - 14:44

SDN 18 KIKIM TIMUR SUKOHARJO BANGUN GEDUNG UKS 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater