Monev Forkompincam Pantau Pembangunan SPAL Desa Jati

Kamis, 26-Mei-2022, 02:44


JATI – Tim Monev yang terdiri dari unsur Forkompincam dipimpin langsung Camat Pulau Pinang Drs.H.Erlambang MM, pada Rabu (25/5/2022) melakukan pengecekan terhadap pekerjaan siring pembuangan limbah (SPAL) Desa Jati kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat.

Kepala desa (Kades) Jati, Hadi mengatakan, pembangunan siring pembuangan limbah (SPAL) tersebut, dikeluarkan melalui alokasi dana desa 2022, dengan panjang 88 meter, lebar 30 cm, dan tinggi 30 cm.

“Benar, hari ini Tim Monitoring Forkompincam telah turun kelapangan, guna memantau atau mengecek hasil pekerjaan SPAL di Desa Jati,” tegas Kades Hadi, pada Rabu (25/5/2022) ketika dijumpai dikantornya.

Monev atau Monitoring yang dilakukan oleh Forkompincam ini, merupakan salah satu syarat untuk pencairan dana desa untuk tahap ke-II atau berikutnya. Sehingga, pihak unsur Tripika kecamatan berkewajiban mengecek hasil pekerjaan disetiap desa dalam wilayah kecamatan Pulau Pinang.

“Kalau mengacu pada aturan dana 40 persennya kita berikan kepada warga yang terdampak Covid 19. Untuk penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) didesa Jati kita berikan kepada 87 kepala keluarga,” imbuhnya.

Sedangkan, sambung Hadi, untuk pencairan dana desa Tahap II akan membangun Jalan Usaha Tani, sesuai dengan permintaan masyarakat saat Musyawarah Desa (Musdes) sebelumnya.

“Insyaallah, untuk tahap II nanti, sesuai permintaan masyarakat desa Jati, kita akan membangun Jalan Usaha Tani sesuai dengan kondisi keuangan Pemdes,” janji Hadi.

Sementara, Camat Pulau Pinang Kabupaten Lahat Drs.H.Erlambang MM membenarkan telah melakukan Monitoring terhadap pekerjaan SPAL oleh Pemerintaha Desa (Pemdes) desa Jati kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat.

“Tim monitoring hari ini, bukan hanya mengecek pembangunan SPAL desa Jati saja, juga memantau hasil pekerjaan Jalan Usaha Tani di Desa Pulau Pinang kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, dan hasilnya bagus serta sesuai dengan petunjuk teknis yang ada,” kata Camat Pulau Pinang.

Diterangkan mantan Camat Mulak Sebingkai, dalam mounev Tim Monitorin melibatkan unsur Forkompimcam, guna memantau atau memeriksa hasil pekerjaan yang dilakukan oleh setiap desa terutama desa yang ada diwilayah Kecamatan Pulau Pinang.

Selain itu diungkapkannya, untuk penggunakan dana desa tahun ini, dilakukan yang sekala priolitas terutama dana untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT). Sedangkan, pembangunan seperti SPAL sepanjang 88 meter dengan lebar 30 cm dan tinggi 30 cm telah rampung dibangun.

“Kalau sebelumnya warga mengeluhkan genangan air, sehingga, Pemdes Jati membangun SPAL dan kini air sudah mengalir dan tidak tergenang lagi,” ucap Erlambang.

Hadir dalam monitoring diantaranya, Camat Pulau Pinang Drs.H.Erlambang MM, Kasi Eko Bank Kecamatan, Kapolsek Pulau Pinang IPTU Amrin Prabu, Danramil Pulau Pinang, Babinsa, Bhabinkamtibmas, para pendamping desa Tri Lestari, Rahmad, Jadmika, Kades Jati Hadi, dan perangkat desa, dan warga sekitar. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MERAPI BARAT - Minggu, 25-September-2022 - 21:33

Mekanic Subkon PT MAS Tewas Dilindas Dozer

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - Minggu, 25-September-2022 - 19:24

Herma Warga Tanjung Alam Bunuh Diri Minum Gromoxon

selengkapnya..

PAGAR GUNUNG - Minggu, 25-September-2022 - 18:00

MIN 4 LAHAT GO TO PENILAIAN ADIWIYATA

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMI - Jumat, 23-September-2022 - 16:27

SDN 6 Tasti Pumi, Laksanakan Program Jum’at Mengaji

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Jumat, 23-September-2022 - 14:44

SDN 18 KIKIM TIMUR SUKOHARJO BANGUN GEDUNG UKS 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater