PEDULI KESEHATAN ANAK, PUSKESMAS MUARA TIGA LOUNCHING BIAN

Rabu, 25-Mei-2022, 19:47


MUARA TIGA – Bertempat di Sekolah Dasar Negeri 1 Mulak Ulu Puskesmas Muara Tiga Bersama Camat Elsye Hartuti,S.STP.MM melaunching bulan imunisasi anak nasional (BIAN) Rabu, 25 Mei 2022.

Dalam sambutannya Elsye Hartuti,S.STP.MM Camat Mulak Ulu menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran Puskesmas Muara Tiga yang telah berupaya maksimal untuk terselenggaranya kegiatan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional).

“Semoga ini menjadi awal yang baik dan penuh semangat dalam upaya mencapai target yang telah ditentukan Nasional,” katanya.

Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) jelas Elsye dilaksanakan bertujuan untuk melindungi Anak Indonesia khususnya anak-anak di lingkup pendidikan dari penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi” ujar Elsye.

Diselah aktifitasnya hal senada dijelaskan dokter Verra salah satu dokter Puskesmas Muara Tiga, ” BIAN adalah pemberian Imunisasi tambahan Campak-Rubella serta melengkapi dosis Imunisasi Polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, terdapat 1,7 juta anak Indonesia belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap selama pandemi COVID-19. Terbanyak di Jawa Barat, disusul Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat dan DKI Jakarta.

Sementara, Pemberian imunisasi terbukti melindungi anak-anak dari penyakit berbahaya sehingga anak lebih sehat dan lebih produktif. Tak hanya itu, manfaat dari imunisasi juga jauh lebih besar dibandingkan dampak yang ditimbulkan di masa depan.

“Ini relatif murah dibanding mereka terkena penyakit berbahaya saat sudah dewasa. Karena kalau sampai sakit, itu biayanya bisa sampai jutaan, kalau sampai masuk ICU bisa mencapai puluhan juta. Jadi jauh lebih murah kalau kita melakukan vaksinasi atau imunisasi saat kita sehat,” papar Verra.

Sementara di tempat terpisah KUPTD Puskesmas Muara Tiga, Muhammad Darwis, SKm Mengatakan, “Dinas Kesehatan beserta jajarannya yaitu para Kepala Puskesmas merupakan salah satu lembaga yang turut aktif dalam menyukseskan kegiatan Imunisasi BIAN, mulai tingkat Kabupaten hingga ke tingkat Desa” pungkasnya.

“Kami berharap kepada lintas sektor agar terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dengan harapan cakupan Imunisasi BIAN dapat optimal untuk menuju generasi yang sehat dan berprestasi,”

Bahwa pemberian imunisasi rutin pada anak sangatlah penting. Kementerian Kesehatan telah menyusun 3 strategi untuk menggalakkan imunisasi rutin pada anak guna memberikan perlindungan dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I).

Pertama, menambah 3 jenis imunisasi rutin pada anak yang sebelumnya 11 vaksin menjadi 14 vaksin. Vaksin yang ditambahkan adalah vaksin Rotavirus untuk anti diare dan vaksin PCV untuk anti pneumonia yang ditargetkan untuk anak, serta vaksin HPV untuk mencegah kanker serviks yang diberikan untuk anak kelas 5 dan 6 SD untuk mencegah potensi kanker serviks saat anak menjadi dewasa.

Kedua, lanjutnya digitalisasi data imunisasi. Kementerian Kesehatan akan menyiapkan satu aplikasi pencatatan imunisasi secara digital. yakni Aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK). “Jadi, kedepannya tidak ada lagi pencatatan manual dibuku, semua data imunisasi anak akan langsung dimasukkan di aplikasi tersebut yang terintegrasi dengan PeduliLindungi. Aplikasi ini akan diberikan ke semua Puskesmas dan Dinas Kesehatan, supaya datanya juga ada di Dinas Kesehatan,” urainya.

Ketiga, belajar dari sistem vaksinasi COVID-19, nantinya imunisasi anak akan dilakukan melalui undangan diaplikasi. Sehingga pihak puskesmas dapat mengetahui anak yang belum di vaksin. adanya teknologi modern akan mempermudah dalam memperluas cakupan vaksin”papar Kapus.

Terpantau pelaksanaan launcing Bulan Imunisasi Anak Nasional oleh Puskesmas Muara Tiga berjalan sukses dan lancar.

Caplin Mulak

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

LAHAT - Kamis, 29-September-2022 - 10:04

SDN 31 LAHAT SIMULASI ANBK

selengkapnya..

MULAK ULU - Kamis, 29-September-2022 - 10:03

INI ALUR PELAYANAN PUSKESMAS MUARA TIGA 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater