BERSAMA TIM, IKHSAN LIDINILLAH MONEV KEGIATAN PEMBANGUNAN DANAU BELIDANG

Selasa, 24-Mei-2022, 23:58


DANAU BELIDANG – Pemerintah Kecamatan Mulak Sebingkai melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) pembangunan pemerintah desa yang menggunakan Dana Desa dari pemerintah pusat.

“Monev ini merupakan salah satu bentuk tugas pemerintah kecamatan dalam pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa agar sesuai peraturan perundangan yang berlaku,” kata Camat Mulak Sebingkai Herwansyah, SE.MM melalui Sekcam, Ikhsan Lidinillah, S.Sos saat mengecek pembangunan fisik di Desa Danau Belidang, Selasa (24/05/2022).

Ikhsan mengatakan, monev tersebut dilakukan agar tidak terjadi penyimpangan dan aparat desa bisa tertib dalam administrasi program pembangunan yang menggunakan Dana Desa.

Namun begitu, kata Ikhsan, dalam monitoring dan evaluasi ini hanya bersifat teguran dan pembinaan, tidak mendetail karena kalau tupoksi pengawasan dan pemeriksaan merupakan ranah Inspektorat.

“Kita hanya monitoring dan evaluasi saja, sejauh mana mereka melaksanakan kegiatan ini dan kendala apa yang mereka temui di lapangan. Kita memberikan masukan apabila ada kendala yang ditemui oleh pemerintah desa. Jadi kita lebih kepada pembinaannya,” ujarnya.

Tercatat pada Mei 2022 ini ada sepuluh desa di wilayah Kecamatan Mulak Sebingkai, yang dievaluasi terkait kegiatan pembangunan di desa yang bersumber dari Dana Desa.

“Kita sudah membentuk tim monitoring kegiatan pembangunan fisik yang dilakukan oleh pemerintah desa,” ungkapnya.

Sementara itu Ektra Wansyah selaku kepala desa Danau belidang menyambut baik kegiatan monitor dan evaluasi yang dilakukan unsur forkopimcam Mulak Sebingkai.

Dengan adanya monev desa dapat mendapatkan arahan dan pembinaan dari pemerintah kecamatan. pembangunan jadi terarah dan tertib dalam hal pengerjaan fisik maupun laporan realisasi kegiatan pembangunan.

Untuk kegiatan fisik dana desa Danau Belidang tahun anggaran 2022 ini meliputi, peningkatan kapasitas infrastruktur bidang pertanian dengan membangun jalan usaha tani, mck serta belanja dibidang ekonomi kreatif dengan pengadaan tenda” papar kades.

Pantauan awak media kegiatan monev turut melibatkan unsur forkopimcam, Babinsa dari Makoramil 405-09/Kota Agung, Babhinkamtibmas Polsek Mulak Area serta Pendamping Desa. giat berjalan sukses dan lancar.

Caplin

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater