Usai Evaluasi, Bapas Lahat Kemenkumham Sumsel Optimis Raih WBK

Selasa, 24-Mei-2022, 14:27


Lahat –Usai menjalani evaluasi satuan kerja menuju predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) yang dilakukan oleh Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI, Senin (23/5/2022), Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Lahat optimis dapat lolos penilaian TPI hingga akhirnya meraih predikat WBK.

Bertempat di Aula Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Bapas Lahat yang dipimpin langsung oleh Kabapas Perimansyah, membawa serta rombongan tim Pembangunan Zona Integritas (ZI) yang diketuai oleh Dewi Vetrawati beserta perwakilan masing-masing Kelompok Kerja (Pokja) dari 6 Area Perubahan.

Kegiatan dibuka dengan menampilkan yel-yel yang dilakukan seluruh tim Pembangunan ZI Bapas Lahat, dilanjutkan video profil Bapas Lahat yang menggambarkan perubahan apa saja yang telah terjadi. Kemudian ditekankan kembali dalam pemaparan progres Pembangunan ZI WBK/WBBM oleh kabapas, dan ditutup dengan sesi wawancara dari TPI kepada Kabapas dan seluruh tim Pokja 6 Area Perubahan.

Perimansyah menjelaskan secara detail proses Pembangunan ZI di Lingkungan Bapas Lahat sejak awal tahun 2022. Dimulai dengan pembentukan tim berintegritas dan berkompoten, menyusun rencana kerja, mengevaluasi hasil kinerja, serta melakukan pembenahan sarana dan prasarana layanan publik yang dapat dirasakan langsung masyarakat, khususnya klien pemasyarakatan.

“Kami berupaya terus berbenah membangun ZI menuju WBK/WBBM. Tidak hanya dari KUPT-nya saja, tapi juga harus didukung oleh seluruh pegawai,” tuturnya. Selasa (24/05/2022)

Selain itu, Perimansyah juga menjelaskan Bapas Lahat telah meluncurkan inovasi yaitu aplikasi berbasis Android, SI BALAN (Sistem Informasi Bapas Lahat Alap Nian).
“Melalui aplikasi ini, pengguna layanan dapat mengakses informasi dan menggunakan layanan secara daring kapanpun, di manapun, dari genggaman tangan.”, jelas Perimansyah.

Beberapa fitur dari aplikasi Si Balan antara lain penelusuran proses litmas, pengecekan data bimbingan, pengecekan prosedur dan statistik layanan, dan menu wajib lapor klien. Selain menu terkait layanan utama yang diberikan oleh Bapas Lahat, pengguna juga bisa mengakses informasi lain seperti profil Bapas Lahat, kontak layanan pengaduan dan pemesanan karya kemandirian klien, serta media sosial resmi Bapas Lahat.

Sementara para Tim Penilai Internal dari Itjen Kemenkumham, rata-rata memberikan masukan yang positif demi terwujudnya harapan Bapas Lahat meraih WBK. Secara keseluruhan kegiatan berjalan baik dan lancar. Kabapas Lahat mengucapkan terima kasih atas masukan dan saran yang diberikan TPI. (EY)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater