Masalah Ekonomi, Waruhu Pilih Gantung Diri Di Pohon Jengkol

Selasa, 17-Mei-2022, 23:48


Lahatonline.com, Endikat – Pada hari Selasa tanggal 17 Mei 2022 sekira pukul 13.30 WIB, telah ditemukan sesosok mayat laki-laki dalam keadaan gantung diri pada dahan pohon jengkol di areal perkebunan milik warga tepatnya di Pematang Tiung Desa Endikat Ilir Kecamatan Gumay Talang Kabupaten Lahat.

Diceritakan Kapolres Lahat AKBP Eko sumaryanto, SIK, Pada hari Selasa tanggal 17 Mei 2022 saksi Sariah dan saksi Supendi melakukan aktivitas ke kebun kopi miliknya di Pematang Tiung Desa Endikat Ilir Kec. Gumay Talang Lahat, sekira pukul 11.45 WIB pada saat perjalanan pulang dari kebun, tepatnya di lokasi kebun milik Sdr. Joni Apriansyah saksi Sariah melihat sesosok mayat berjenis kelamin laki-laki dalam kondisi leher terikat tali dan tergantung pada dahan pohon jengkol, selanjutnya saksi Sariah dan Saksi Supendi memberitahukan kejadian tersebut kepada warga masyarakat Desa Endikat Ilir.

“Saksi mengetahui bahwa adanya mayat setelah diberitahu oleh Sdr.Supendi bahwa ada mayat tergantung dipohon jengkol dikebun miliknya, selanjutnya saksi mengecek ke lokasi kebun dan membenarkan bahwa adanya mayat yang tergantung di batang pohon jengkol miliknya” Terang Kapolres, Selasa,17/05/22.

Hasil Pulbaket terhadap Anak Korban Deta Komalasari binti Waruhu yang saat ini tinggal di belakang Perumnas Indikat Ilir Desa Indikat Ilir Kec. Gumay Talang Kab Lahat diperoleh keterangan sbb :

Korban sudah 1 (satu) minggu datang ke Lahat dari Muara Dua OKU Selatan dengan tujuan untuk menyusul ibunya yang sudah lebih dulu datang kerumahnya di belakang Perumnas Indikat Ilir Desa Indikat Ilir Kec. Gumai Talang Kab Lahat. Lahat Kab Lahat;

Anak korban menerangkan bahwa ayah dan ibunya bertengkar sehingga ibunya meninggalkan rumah mereka di Muara Dua OKU Selatan kerumahnya di Lahat, kemudian disusul oleh ayahnya seminggu kemudian, keributan kedua orangtuanya telah didamaikannya.

Pada hari Selasa tanggal 17 Mei 2022 pukul 07.00 WIB ayahnya a.n. Waruhu berpamitan kepadanya untuk menengok kebun milik anaknya di Desa Endikat Ilir Kec Gumay Talang, kemudian sekira pukul 14.00 WIB sdri. Deta diberitahu warga Gumay Talang bahwa ayahnya ditemukan gantung diri dikebun Sdr. Joni Anriansyah.

Pada pukul 14.35 WIB anggota Polsek Kota Lahat bersama Unit Identifikasi Sat. Reskrim Polres Lahat melakukan cek TKP serta melakukan evakuasi mayat tersebut dibantu oleh pihak masyarakat Desa Endikat Ilir Kec. Gumay Talang Kab. Lahat.

Pada saat Dilakukan Cek TKP posisi mayat dalam keadaan tergantung pada seutas tali warna putih garis merah pada dahan pohon jengkol, dengan menggunakan baju warna putih  celana panjang warna coklat. Pada tubuh mayat Tidak ditemukan luka ataupun tanda tanda kekerasan.

Berdasarkan kondisi mayat korban saat di TKP dan hasil pemeriksaan medis dimana tanda – tanda korban bunuh diri identik dengan kondisi mayat korban serta tidak ditemukannya tanda-tanda kekerasan maka patut dianalisa penyebab kematian korban murni karena akibat bunuh diri yang dipicu oleh permasalahan rumah tangga korban.

Permasalahan ekonomi dan permasalan lain dalam rumah tangga yang tidak kunjung selesai, dengan kondisi pribadi yang lemah jiwa dan raga diprediksi akan menjadi pemicu masyarakat mengambil jalan pintas untuk mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri.

Sebagai insan Polri Pengayom masyarakat perlu kiranya Polri melalui Bhabinkamtibmas melakukan penyuluhan kepada masyarakat agar tidak main hakim sendiri, tidak melakukan pelanggaran hukum serta tidak mudah putus asa dalam menghadapi setiap permasalahan dan kesulitan hidup agar tercipta situasi Kamtibmas yang kondusif.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater