MUSIM TIBA, PETANI KOPI TEBING TINGGI KETIBAN BERKAH

Sabtu, 30-April-2022, 07:25


TEBING TINGGI – Di puncak musim panen buah kopi, komuditi petani kopi hampir di seluruh wilayah di Kecamatan Mulak Ulu Kabupaten Lahat mulai menyibukan diri sebulan terakhir memetik hasil panen buah kopi, Sabtu (30/04/2022).

Alhasil, sebagai Kabupaten yang mayoritas tertinggi berpenghasilan sebagai petani kopi melakukan pemetikan buah kopi diwaktu puncaknya.

“Kalau memanen buah kopi ya sudah sejak beberapa bulan lalu, namun sekarang  dalam puncak musim panen,”terang Gusriadi salah satu petani kopi desa Tebing Tinggi Kecamatan Mulak Ulu.

Ia menuturkan, proses panen kopi tahunan normalnya dilakukan sebanyak tiga kali pemetikan dengan jeda waktu satu hingga dua pekan.

Panen pertama permulaan yakni memetik buah kopi yang telah berwarna merah alias matang namun  jumlah belum banyak.

Setelahnya, beberapa pekan ke depan yakni pemetikan tahapan kedua barulah pemanenan buah kopi yang dalam jumlah banyak dan sebagian buah kopi yang belum layak dipetik masih disisakan.

“Kalau yang awal pemetikan sedikit, sebab masih memilah buah yang sudah matang. kalau yang kali kedua buah yang bisa dipetik hampir seluruhnya, hanya menyisakan sedikit,”tambahnya.

Ditahap akhir, pemetikan kali ketiga disebut juga  buah penghabisan.

Buah kopi yang ditinggalkan karena belum layak untuk dipetik dilakukan pemetikan di pemetikan tahap ketiga.

Sementara, untuk harga biji kopi saat ini cukup memuaskan bagi para petani di harga Rp 20.000 hingga Rp .21.000 perkilogramnya.

Sebagai penghasilan tahunan para petani berharap harga kopi dapat stabil diharga Rp 20 ribu perkilo.

“Saat ini harga mentok kisaran Rp.20.000 perkilo paling lebih tinggi kisaran harga Rp.21.000/kg. sementara kebutuhan semakin meningkat termasuk untuk biaya masuk sekolah anak.

Namun dibandingkan harga kopi ditahun sebelumnya, kenaikan harga kopi tahun ini lumayan membawa berkah dan mudah-mudahan menjawab harapan kita semua” ujarnya Gusri.

Terpantau geliat perdagangan kopi di area mulak ulu mulai meningkat di satu bulan terakhir ini. hal ini didukung dengan aktivitas panen puncak dari petani kopi. selain itu ditambah dengan kenaikan harga di pasaran meskipun tidak segnifikan.

Caplin

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Rabu, 27-Maret-2024 - 17:54

Guru Penggerak Terus Bertambah 

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater