MARWAN HARDINDI, POSYANDU PANTAU KESEHATAN BALITA DAN LANSIA

Jumat, 11-Maret-2022, 14:24


JADIAN BARU – Sebagai upaya mewujudkan masyarakat sehat khususnya kelompok usia balita dan lansia Marwan Hardindi Kepala Desa Jadian Baru Kecamatan Mulak Sebingkai optimalkan peran posyandu.

Posyandu merupakan fasilitas kesehatan dari masyarakat dan untuk masyarakat. jenis pelayanan kepada anak-anak berupa penimbangan untuk memantau pertumbuhan anak. manfaatnya memberikan pelayanan kesehatan kepada ibu dan anak, KB, imunisasi, Gizi dan penanggulangan Diare.

Sedangkan posyandu Lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati yang pengelolaannya oleh masyarakat untuk mendapatkan pelayanan fasilitas kesehatan, Jum’at (11/03/2022).

Kepada awak media Marwan Hardindi Kepala Desa Jadian Baru menjelaskan, ” kegiatan posyandu meliputi penimbangan Balita rutin tiap bulan. tujuannya untuk memantau pertumbuhan dan mendeteksi sejak dini penyimpangan pertumbuhan balita. selain itu, melalui imunisasi ini balita akan mendapatkan layanan seperti BCG, untuk mencegah penyakit TBC, DPT untuk mencegah penyakit Defteri pertusis (batuk rejan), tetanus, Hepatitis B untuk mencegah penyakit Hepatitis B (penyakit kuning).

Di tambahkannya, kemudian peningkatan Gizi, dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan bilita. untuk meningkatkan Gizi balita. petugas memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, Mpasi, stimulus tumbuh kembang anak, diare pada balita. tahapan akhir penanggulangan diare, dengan memberikan oralit. memberikan rujukan pada penderita diare yang menunjukan tanda bahaya di puskesmas.

Dikatakannya “mengingat sekarang masih dalam pandemi Virus Corona maka dihimbau agar masyarakat tetap waspada paparan covid-19 dengan menjaga imunitas, disiplin protkes. ikuti perkembangan informasi terkait Covi19, melalui info resmi pemerintah yang merupakan bagian leding sektor terkait penanggulangan covid-19″ tegasnya.

Sementara ditempat terpisah Herwansyah Camat Mulak Sebingkai mengatakan, ” Posyandu ialah fasilitas Kesehatan yang prinsipnya dari masyarakat untuk masyarakat.dengan rutin digelar posyandu lansia akan mendorong tingkat kesehatan, produktif dan perkembangan gizi lansia terpantau. Posyandu lansia meliputi mendaftarkan lansia kemudian kader mencatat lansia ke buku register. dilakukan pengukuran tinggi badan, berat badan dan tekanan darah.

Kader melakukan pencatatan di KMS lansia meliputi, indeks massa tubuh, tekanan darah. Penyuluhan kesehatan perorangan berdasarkan KMS dan pemberian makanan tambahan. pelayanan oleh petugas profesional dari puskesmas meliputi pemeriksaan dan pengobatan ringan” ujarnya.

Dikatakannya, posyandu kegiatan rutin setiap bulannya, diharapkan para kader berdedikasi bersama elemen-elemen yang ada agar hasilnya dapat optimal. dengan dibuktikan antusiasme pengunjung kegiatan posyandu. selain itu perlu di ketahui oleh masyarakat sekarang masih masa pandemi. agar. Masyarakat waspada agar tidak terpapar covid-19. dengan disiplin prokes, ingat 5 M memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas yang tidak perlu. ikuti petunjuk satgas covid yang ada didesa melalui pos ppkm. tegasnya.

Dari pantauan kegiatan posyandu Desa Jadian Baru rutin dan kian optimal dilakukan. nampak para peserta posyandu mandapatkan paket makanan bergizi untuk menambah asupan gizi para balita dan lansia.

kegiatan posyandu berjalan lancar dengan antusias peserta. posyandu dengan melibatkan tenaga medis puskesmas Muara Tiga dibantu kader pkk desa. semua berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan.

CAPLIN/LO

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MERAPI BARAT - Minggu, 25-September-2022 - 21:33

Mekanic Subkon PT MAS Tewas Dilindas Dozer

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - Minggu, 25-September-2022 - 19:24

Herma Warga Tanjung Alam Bunuh Diri Minum Gromoxon

selengkapnya..

PAGAR GUNUNG - Minggu, 25-September-2022 - 18:00

MIN 4 LAHAT GO TO PENILAIAN ADIWIYATA

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMI - Jumat, 23-September-2022 - 16:27

SDN 6 Tasti Pumi, Laksanakan Program Jum’at Mengaji

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Jumat, 23-September-2022 - 14:44

SDN 18 KIKIM TIMUR SUKOHARJO BANGUN GEDUNG UKS 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater