Minyak Goreng Langka, TP PKK Lubuk Selo Tidak Mati Langkah

Kamis, 10-Maret-2022, 14:26


Lahatonline.com, Lubuk Selo – Ketua Tim Penggerak PKK desa Lubuk Selo Lamtio Sitompul melatih anggotanya memproduksi minyak kelapa untuk dikonsumsi sendiri.

Pelatihan ini untuk mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap konsumsi minyak goreng yang kian langka di Kabupaten Lahat.

“Ini masih masa percobaan sekaligus memberikan pelatihan khususnya para ibu PKK di desa Lubuk Selo ditengah kelangkaan minyak goreng” katanya, Kamis, 10/03/22.

Dia mengaku meskipun pembuatan minyak kelapa ini tidak menuntaskan persoalan kelangkaan minyak goreng, tapi setidaknya bisa menginspirasi dan menjadi contoh bagi masyarakat lainnya.

“Untuk bahan baku (kelapa) Alhamdulillah di desa Kita disetiap rumah ada, tinggal ada tidaknya kemauan untuk memproduksinya” lanjutnya.

Produksi minyak kelapa oleh PKK desa Lubuk Selo mendapat dukungan penuh dari Ahmad Yaumal sebagai Kepala Desa.

Menurut Ahmad Yaumal, walau sedang dilanda kelangkaan minyak goreng dimasyarakat, tidak menjadi kesulitan bagi Ibu PKK desa Lubuk Selo.

“Artinya para ibu PKK memilik inovasi dalam mengatasi kelangkaan minyak goreng, dengan memproduksi sendiri minyak Kelapa, sebagai kepala desa Kami sangat mendukung upaya yang dilakukan oleh para ibu PKK” terangnya.

Dilanjutkan oleh Ahmad Yaumal, dengan memproduksi sendiri, tentunya dapat meningkatkan kegiatan UMKM serta memberi contoh kepada warga lainnya.

Tak hanya itu saja, ditahun depan dirinya akan membentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk memberikan suatu wadah kepada ibu PKK dalam memproduksi pangan di desa Lubuk Selo.

“Kedepan akan kita bentuk Bumdes, untuk memberikan wadah kepada penggiat UMKM. Dan tidak hanya minyak kelapa saja, nanti juga ada produksi Gula Aren, keripik singkong, keripik pisang atau jenis pangan lainnya” ujarnya.

Dan apa bila telah bergerak, dirinya akan menemui pihak terkait dalam hal ini dinas pertanian serta dinas perizinan guna meminta hak legalitas dalam pemasaran UMKM.

Yang terpenting, Lanjut Kepala Desa, adanya kemauan serta inovasi, tutupnya.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

LAHAT - Kamis, 29-September-2022 - 10:04

SDN 31 LAHAT SIMULASI ANBK

selengkapnya..

MULAK ULU - Kamis, 29-September-2022 - 10:03

INI ALUR PELAYANAN PUSKESMAS MUARA TIGA 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater