Warga 9 Desa Sepakat Tetap Dukung Penggelolaan di PPLMT

Sabtu, 5-Februari-2022, 16:01


GEDUNG AGUNG – Masyarakat di sembilan (9) desa diantaranya, Desa Sirah Pulau, Gedung Agung, Prabu Menang, Banjar Sari, Arahan, Gedung Agung, Tanjung Jambu, Muara Lawai, dan Desa Lebuay Bandung Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat, ngotot tetap dukung Penggelolaan dana kompensasi dari Perusahaan Batubara yang masuk dalam wilayah Kecamatan Merapi Timur.

“Kami tetap dukung dan mintak dari Persatuan Peduli Lingkungan Merapi Timur (PPLMT) Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat,” ungkap Dika salah satu warga Desa Gedung Agung pada Sabtu (05/02/2022).

Menurut Dika, dukungan warga tersebut untuk ke Persatuan Peduli Lingkungan Merapi Timur (PPLMT) di Kecamatan Merapi Timur Kabupaten, karena dinilai sudah membuktikan bahwa Penggelolaan dana dari perusahaan yang masuk dalam wilayah Kecamatan Merapi, telah dibagikan kepada masyarakat di sembilan (9) desa di Kecamatan Merapi Timur.

“Yang jelas, kami tidak merestui untuk diambil alih oleh oknum yang mengatasnamaka Karang Taruna Desa Gedung Agung terkait Penggelolaan dana kompensasi dari Perusahaan Batubara yang telah diperjuangkan oleh emak emak se-Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat,” saran Dika.

Dijelaskan Dika, dalam pertemuan yang dilakukan di dilingkungan V Desa Gedung Agung Kalangan Kecamatan Merapi Timur, pada Jum’at (04/02/2022) sekira pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai.

“Benar, kami tidak redho untuk penggelolaan dana kompensasi dari perusahaan didalam wilayah Kecamatan Merapi Timur, dikelola oleh oknum Karang Taruna Desa Gedung Agung, karena, perjuangan untuk mendapat dana kompensasi ini tidak segampang membalikkan telapak tangan,” kata May warga Desa Banjar Sari didampingi Weli selaku warga Desa Tanjung Jambu.

Ditambahkan Weli, cukup panjang perjuangan emak emak se-Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat, dalam memintak hak untuk masyarakat se-Kecamatan Merapi Timur yang terdampak debu oleh kendaraan Batubara.

“Oleh karenanya, kami tetap akan berpegang teguh dan mendukung PPLMT dalam mengelola dana dari perusahaan batubara untuk dibagikan kepada masyarakat. Dan, Alhamdulillah, saat ini kerja Persatuan Peduli Lingkungan Merapi Timur yang diketuai oleh ibu Kartini telah banyak kami rasakan, begitu juga bantuan benar benar telah diterima oleh masyarakat di Sembilan (9) Desa Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat,” pungkasnya.

Sementara, Ketua Persatuan Peduli Lingkungan Merapi Timur (PPLMT) Kartini menyampaikan, segala keputusan ada ditangan pengurus PPLMT. Karena, perjuangan emak emak dalam menarik dana bantuan dari perusahaan yang ada di Kecamatan Merapi Timur Lahat, sangat panjang.

“Tidak segampang itu, karang taruna Desa Gedung Agung mau mengambil alih dalam penggelolaan dana dari perusahaan. Saya ditunjuk dan dimintak oleh emak emak saat itu, untuk menduduki selaku Ketua dari PPLMT. Semuanya, butuh perjuangan dan tidak segampang membalikkan telapak tangan. Oleh karenanya, saya serahkan kepada Persatuan Peduli Lingkungan Merapi Timur,” tukas Kartini.

Untuk diketahui, sambung Kartini, Alhamdulillah, selama dirinya menjabat Ketua PPLMT untuk hasil dana bantuan dari perusahaan yang ada di Kecamatan Merapi Timur Lahat, semuanya telah dibagian kepada masyarakat di sembilan (9) Desa Kecamatan Merapi Timur.

“Bantuan yang telah kami kucurkan di sembilan desa Kecamatan Merapi Timur, untuk masing masing desa kami salurkan sebanyak 50 orang warga setiap desanya dan diberikan kepada setiap koordinator desa masing masing,” tutup Kartini.

Turut hadir dalam acara mediasi atau dialog karang taruna Desa Gedung Agung Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat, Camat Merapi Timur, Kapolsek, Danramil, tokoh masyarakat kepala desa (Kades) dan perangkat, Ketua BPD Desa Gedung Agung, perwakilan beberapa Perusahaan, dan masyarakat Desa Gedung Agung. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

LAHAT - Kamis, 29-September-2022 - 10:04

SDN 31 LAHAT SIMULASI ANBK

selengkapnya..

MULAK ULU - Kamis, 29-September-2022 - 10:03

INI ALUR PELAYANAN PUSKESMAS MUARA TIGA 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater