Antisipasi Bencana Alam, Pemkab Lahat Akan Buat Posko

Kamis, 27-Januari-2022, 18:29


Lahat — Bupati Lahat Cik Ujang SH, Forkompimda kabupaten Lahat, bersama OPD dan instansi lainnya melaksanakan rapat koordinasi mengenai antisipasi bencana alam dan mengenai pelaksanaan vaksin di kab Lahat Bertempat di ruang Opsroom pemkab Lahat, Kamis (27/01/2022)

Turut hadir dalam kegiatan Wakil Bupati Lahat Haryanto SE, Dandim 0405/Lahat Letkol Kav Syawaf Al Amin SE MSi, Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto Sik, kepala Kejaksaan Negeri Lahat Fithrah SH, Sekda Lahat Chandra SH, Kadinkes Lahat Taufik M Putra SKM, Kabankesbangpol Surya Desman, kepala BPBD Ali Afandi, kepala OPD /badan, direktur RSUD lahat , karumkit Lahat dan para Camat di kabupaten Lahat

Kepala BPBD kabupaten Lahat Drs Ali Afandi menyampaikan kabupaten Lahat termasuk
daerah dengan jalur bukit barisan yang terbentang dari Aceh sampai ke Lampung . Dengan kondisi kabupaten Lahat wilayah perbukitan, pegunungan dan banyak daerah yang curam, selain itu kondisi hutan di hulu banyak yg di rambah di memanfaatkan penduduk sekitar di buat lahan pertanian .

Selain itu berdasarkan badan meteorologi dan Geofisika bahwa di bulan Desember 2021 sampai, Februari 2022 berdasarkan
BMKG di wilayah kabupaten Lahat Pagaralam, Empat Lawang dan Muara Enim di kategori curah hujan di 300 – 400 mm .
Kondisi ini dengan curah hujan yang tinggi dengan kondisi alam Lahat maka efek nya hujan yang deras banjir dan tanah longsor .

Perlu kami sampaikan kejadian bencana alam di kabupaten Lahat tahun 2021 yaitu 7 kejadian tanah longsor, ada kejadian puting beliung, 23 pohon tumbang dan 10 kejadian banjir ada 10 dengan beberapa titik di wilayah yang rawan .

Dalam mengantisipasi bencana alam ini, koordinasi dengan OPD, camat dan kades dan update data BMKG di teruskan ke kades kades sehingga cepat mengantisipasi nya .

Senada Camat kota Lahat Gemris Palo SIP mengatakan Terkait antisipasi bencana yang skala besar kami minta no kontak seperti bila memerlukan alat berat dan kami mohon dukungan dengan perusahaan yang ada sehingga bila ada bencana cepat di atasi . Selain itu koordinasi terus dilakukan sehingga bencana cepat di antisipasi .

Bupati Lahat Cik Ujang SH mengatakan
kabupaten Lahat memang daerahnya perbukitan, gunung dan setiap tahun adanya bencana longsor dan banjir . seperti tanah longsor di daerah Pulau Pinang, tanjung sakti, bencana banjir di daerah Kikim, Gumay .

Di katakannya, “Di dalam antisipasi bencana banjir dan longsor kita buat posko, posko ini kita tempatkan di tengah tengah tetapi di daerah kota . Di posko tersebut melibatkan Pemda Lahat , Dinsos, Dinkes BPBD, TNI, Polri termasuk damkar di posko tersebut ada piket jadi kita cepat tanggap dalam antisipasi bencana, dan bila ada bencana alam kita siap untuk meluncur”, kata Bupati Lahat . (EY)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

TANJUNG SAKTI PUMI - Senin, 16-Mei-2022 - 18:09

Pensiunan Guru Bacok Warga Ulak Lebar

selengkapnya..

LAHAT - Sabtu, 14-Mei-2022 - 23:28

TAUFIK : “LAHAT ZONA HIJAU”

selengkapnya..

KOTA AGUNG - Jumat, 13-Mei-2022 - 13:52

BPD SINGAPORE DILANTIK CAMAT KOTA AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater