Dinas Perkebunan Lahat Adakan Pembinaan Pembentukan UPPB Nilam Serasan Lebak Budi

Jumat, 14-Januari-2022, 20:49


Lahatonline.com, Lebak Budi – Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat pada hari ini memberikan pembinaan terhadap Gapoktan Nilam Tani Desa Lebak Budi dalam pembentukan unit pengolahan dan pemasaran bokar (UPPB) Nilam Serasan Desa Lebak Budi.

Dalam kesempatan tersebut Vivi Anggraini Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat mengatakan, pembentukan UPPB bertujuan untuk memajukan petani karet agar bisa meningkatkan pendapatan.

“Salah satu upaya untuk memajukan petani pekebun karet adalah dengan adanya pembentukan UPPB dan perlunya perubahan perilaku petani karet dalam menggelola tanaman karet dari benih unggul kemudian dengan pemeliharaan yang baik, penyadapan sesuai SOP dan Bokar juga sesuai dengan SOP agar ada nilai tambah dan selisih harga yang lebih baik yang akhirnya bisa meningkatkan pendapatan petani pekebun,” ujar Vivi.

Senada Heri Purwanto Staf Kelembagaan Dinas Perkebunan mengungkapkan Mekanisme pembentukan UPPB salah satunya adalah dengan Penerbitan Surat Tanda Registrasi UPPB (STR-UPPB) yang diterbitkan oleh Dinas Kab/Kota yang membidangi perkebunan untuk kemudian menyampaikan laporan perkembangan penerbitan STR-UPPB dan rekapitulasi laporan perkembangan UPPB kepada Bupati.

SOP dalam UPPB yaitu SOP Penyadapan, SOP Pengolahan Bokar, dan SOP Penerimaan dan Penjualan Bokar yang harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga apa yang diharapkan dapat tercapai secara maksimal demi kesejahteraan petani.

Angga Sekdes Lebak Budi mewakili Kades Lebak Budi menyampaikan terima kasih atas adanya pembinaan pembentukan UPPB didesa Lebak Budi.

“Harapan setelah adanya UPPB didesa Lebak Budi dapat mensejahterahkan masyarakat petani karet” harapanya, Jum’at 14/01/22.

Sementara itu, Camat Merapi Barat Sumarno meminta dengan adannya UPPB nantinya, para petani dapat memilah bibit unggul karet sehingga dikemudian hari dapat menghasilkan getah yang baik.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater