GELAR MUSDES, UJANG APRIANTO BAHAS PROGRAM PRIORITAS

Rabu, 12-Januari-2022, 23:56


LAWANG AGUNG – Bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kepala Desa Lawang Agung Ujang Aprianto,S.Pd menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) Tahun Anggaran 2022 di kantor sekretariat pemerintah desa Lawang agung Kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat.

Dalam kata sambutannya Ujang Aprianto,S.Pd Kepala Desa Lawang Agung Kecamatan Kota Agung menjelaskan, “Musdes itu digelar dalam rangka melibatkan seluruh eleman masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan pada setiap kegiatan pembangunan bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2022.

“Masing-masing perwakilan masyarakat di forum Musdes, dapat menyampaikan usulan-usulan rencana pembangunan dan pemberdayaan untuk dibahas dan diputuskan mask ke dalam RKPDes 2022. juga membahas gagasan prioritas untuk dianggarakan melalui Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Desa (RAPBDes) untuk 2022 yang bersumber dari Alokasi Dana Desa dan Dana Desa,” terangnya. Rabu (12/01/2022).

Ditambahkan Ujang, hal itu dilakukan sebagai salah satu bentuk komitmen Pemerintah Desa Lawang Agung untuk melahirkan pemerintahan yang aspiratif, transparansi dan akuntabel yang bebas dari KKN serta aspiratif dalam pelaksanaan kegiatan pemerintah desa.

“Selain itu, sesuai intuksi pemerintah pusat diteruskan ke daerah kami juga akan melaksanakan rembuk Stunting dalam upaya mencegah anak kekurangan gizi. Kegiatan ini diselenggarakan bekerja sama dengan pihak Puskesmas Kota Agung melalui kegiatan rutin posyandu dan posbindu” tutup Kades Ujang.

Sementara Marsi SE.MM Camat Kota Agung atas nama Bupati Lahat Cik Ujang ketika disambangi awak media diruang kerjanya mengatakan “dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan agar bersinergi dengan leding sektor dan elemen yang ada di desa. rangkul semua lapisan masyarakat demi kemajuan pembangunan desa dan kesejahteraan masyarakat.

Pembangunan desa tetap mengedepankan asfek skala prioritas. seperti bidang infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, bumdes, karang taruna posyandu, pkk, paud dan lain sebagainya.

Program yang tak kala penting dibidang gizi, pemerintahan fokus dalam mengentaskan dan menekan angka stunting yang di akibatkan kurangnya asupan gizi sejak dalam kandungan.

Kemudian untuk tahun 2022 sebagaimana petunjuk pemerintah pusat Cq.pemerintah Daerah, belanja anggaran 40% Dana Desa di alokasikan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT). namun sipatnya fleksibel dalam arti jika tidak terserap 40% dapat di alokasikan untuk kegiatan lain seperti ketahanan pangan dan infrastruktur desa.

Alokasi 8% belanja anggaran Dana Desa untuk penanganan Covid-19 tetap masuk dalam kegiatan pemerintah desa, meliputi pendirian posko covid, pengadaan apd, handsanitizer, masker dan lain-lain. untuk itu melalui musdes masyarakat di himbau untuk tetap taat prokes, memakai masker, jaga jarak, cuci tangan, tidak melakukan mobilitas yang tidak perlu.

Dalam hal penanganan Covid-19, sekarang pihak pemerintah kecamatan Kota Agung berdasarkan perintah Bupati Lahat telah melaksanakan Vaksinasi kepada anak usia 6-11tahun. saat ini fokus disekolah-sekolah dasar sekecamatan Kota Agung.

“Dengan vaksinasi anak usia 6-11 tahun dapat menjaga kesehatan anak-anak dengan imunitas yang kuat melalui suntik vaksin. dengan imunitas yang kuat mudah-mudahan dapat mencegah paparan virus. serta upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya pada anak dilingkup pendidikan” tegas Marsi.

Terpantau Musdes RKPDes Lawang Agung dihadiri Camat Kota Agung melalui Martani selaku Kasi Pelayanan Umum, Babinkamtibmas, anggota Babinsa, BPD, LPM, Karang Taruna, Tokoh masyarakat, Toga, , PKK dan kelompok perempuan yang ada di desa. ketika berita ini ditayang musdes Desa Lawang Agung sedang berlangsung untuk membahas dan menetapkan RKPDes tahun Anggaran 2022. salah satu yang santer dibahas pembangunan gedung serbaguna dan infrastruktur dalam Desa.

CAPLIN

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater