JAGA PERTUMBUHAN ANAK, DALILUL NANUNG RUTIN GELAR POSYANDU

Selasa, 11-Januari-2022, 23:55


MENGKENANG– Bertempat di Gedung Balai Serbaguna Dalilul Nanung mengadakan kegiatan Posyandu. kegiatan ini perdana beliau lakukan sejak dilantik sebagai Kepala Desa Depinitif Desa Mengkenang Kecamatan Mulak Ulu.

Kegiatan Posyandu ini dilakukan selain program dan kegiatan rutin desa, Dalil lakukan sebagai wujud peduli dan komitmennya dalam upaya mensejahterakan warganya dibidang kesehatan dan tumbuh kembang anak. dengan posyandu rutin anak mendapatkan makanan bergizi dan vitamin untuk menjaga keseimbangan gizi, pertumbuhan dan tak kala pentingnya untuk mencegah potensi terjadinya stunting pada anak.

Stunting (gagal tumbuh anak), dapat terjadi di seribu hari kehidupan. untuk itu sejak dalam kandungan hingga usia empat tahun anak harus mendapatkan asupan makanan dan gizi seimbang.

Selainvitu Posyandu ialah jenis pelayanan kepada anak berupa penimbangan untuk memantau pertumbuhan anak. manpaatnya memberikan layanan kesehatan kepada ibu dan anak, KB, imunisasi, Gizi dan penanggulangan diare. Selasa (11/01/2022).

Di tempat terpisah Kepala Puskesmas Muara Tiga, Eva Agustina, SKM.MM Menjelaskan,” kegiatan posyandu meliputi penimbangan balita, penimbangan di lakukan tiap bulan. dimana balita di lakukan penimbangan secara rutin. tujuannya untuk memantau pertumbuhan dan mendetiksi sejak dini penyimpangan pertumbuhan balita.

selain itu, imunisasi di sini balita akan mendapatkan layanan imunisasi seperti BCG untuk mencegah penyakit TBC, DPT untuk mencegah penyakit difteri pertusis (batuk rejan), tetanus. Hepatitis B. untuk mencegah penyakit hepatitis B (penyakit kuning).

Kemudian peningkatan Gizi, dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita. untuk meningkatkan gizi balita. petugas memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, Mpasi, imunisasi, Vit A, stimulus tumbuh kembang anak, diare pada balita.

Tahapan terakhir penanggulangan Diare, kegiatan dengan menyediakan oralit. memberikan rujukan pada penderita diare yang menunjukan tanda bahaya di puskesmas”paparnya.

Sementara Dalilul Nanung Kepala Desa Mengkenang Kecamatan Mulak Ulu mengatakan, “giat posyandu rutin di laksanakan oleh ibu-ibu penggerak pkk bersama Kader Posyandu di bantu bidan dan perawat dari Puskesmas Muara Tiga melalui posyandu kita berharap dapat meningkatkan kesehatan ibu hamil dan anak balita. dengan pemeriksaan rutin serta pemberian makanan tambahan bergizi. selain itu juga pemeriksaan dan pemberian makanan bergizi kepada kelompok Lansia”ungkapnya.

Terpantau kegiatan posyandu berjalan lancar dan para ibu-ibu antusias mengikuti dengan panduan para petugas puskesmas dan kader. pelaksanaan tetap dengan protokol kesehatan. nampak kepala desa mengkenang didampingi ketua tp.pkk desa memantau kegiatan posyandu.

CAPLIN/LO

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

TANJUNG SAKTI PUMI - Senin, 16-Mei-2022 - 18:09

Pensiunan Guru Bacok Warga Ulak Lebar

selengkapnya..

LAHAT - Sabtu, 14-Mei-2022 - 23:28

TAUFIK : “LAHAT ZONA HIJAU”

selengkapnya..

KOTA AGUNG - Jumat, 13-Mei-2022 - 13:52

BPD SINGAPORE DILANTIK CAMAT KOTA AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater