GELAR MUSDES SUDIKIN SAMPAIKAN PROGRAM PRIORITAS

Jumat, 31-Desember-2021, 23:58


KEBAN JAYA- Bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kepala Desa Keban Jaya Kecamatan Kikim Selatan Sudikin menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) Tahun Anggaran 2022 di kantor sekretariat pemerintah desa Keban Agung Kecamatan Kikim Selatan Kabupaten Lahat.

Sudikin mengatakan, Musdes itu digelar dalam rangka melibatkan seluruh eleman masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan pada setiap kegiatan pembangunan bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2022.

“Masing-masing perwakilan Musdes, menyampaikan usulan-usulan rencana pembangunan dan pemberdayaan untuk dimasukkan ke dalam RKPDes 2022. Di forum itu juga membahas gagasan prioritas untuk dianggarakan melalui Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Desa (RAPBDes) untuk 2022 yang bersumber dari Alokasi Dana Desa dan Dana Desa,” terangnya. Jum’at (31/12/2021).

Dia melanjutkan, hal itu dilakukan sebagai salah satu bentuk komitmen Pemerintah Desa Keban Jaya untuk melahirkan pemerintahan yang aspiratif, transparansi dan akuntabel yang bebas dari KKN.

“Di hari yang sama, kami juga akan melaksanakan rembuk Stunting dalam upaya mencegah anak kekurangan gizi. Kegiatan ini diselenggarakan bekerja sama dengan pihak Puskesmas Kikim Selatan melalui kegiatan rutin posyandu dan posbindu” tutup Kades Sudikin,

Sementara Camat Kikim Selatan Hermansya,HB,SE di forum rapat mengatakan, ” atas nama Bupati Lahat Cik Ujang menyampaikan selamat bekerja kepada Kepala Desa Keban Jaya dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan agar bersinergi dengan leding sektor dan elemen yang ada di desa. rangkul semua lapisan masyarakat demi kemajuan pembangunan desa dan kesejahteraan masyarakat.

Pembangunan desa tetap mengedepankan asfek skala prioritas. seperti bidang infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, bumdes, karang taruna posyandu dan yang lainnya.

Program yang tak kala penting dibidang gizi, pemerintahan fokus dalam mengentaskan dan menekan angka stunting yang di akibatkan kurangnya asupan gizi sejak dalam kandungan.

Di tambahkan Hermansyah, “Untuk tahun 2022 sebagaimana petunjuk pemerintah pusat Cq.pemerintah Daerah belanja anggaran 40% Dana Desa di alokasikan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT). namun sipatnya fleksibel dalam arti jika tidak terserap 40% dapat di alokasikan untuk kegiatan lain seperti ketahanan pangan dan infrastruktur desa.

Penanganan Covid-19 tetap masuk dalam kegiatan pemerintah desa baik pengadaan apd, handsanitizer, masker dan lain-lain. untuk itu melalui musdes masyarakat di himbau untuk tetap taat prokes, memakai masker, jaga jarak, cuci tangan, tidak melakukan mobilitas yang tidak perlu,” pungkasnya.

Terpantau Musdes RKPDes Keban Jaya dihadiri Camat Kikim Selatan, Babinkamtibmas, anggota Babinsa, BPD, LPM, Karang Taruna, Tokoh masyarakat, Toga, , PKK dan kelompok perempuan yang ada di desa Keban Jaya.

Musdes menampung beberapa usulan masuk Rkpdes 2022 diantaranya sumur bor 3 unit, spal, jalan setapak lingkar desa, jalan usaha tani, mck, tenda, tower mini, lampu jalan, gedung paud dan jenset.

Hasil keputusan rapat musdes keban jaya meliputi pengadaan , jenset, sumur bor, siring irigasi, TPA, tenda beserta panggung 16×4 meter.

CAPLIN SEGANTI

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MERAPI BARAT - Minggu, 25-September-2022 - 21:33

Mekanic Subkon PT MAS Tewas Dilindas Dozer

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - Minggu, 25-September-2022 - 19:24

Herma Warga Tanjung Alam Bunuh Diri Minum Gromoxon

selengkapnya..

PAGAR GUNUNG - Minggu, 25-September-2022 - 18:00

MIN 4 LAHAT GO TO PENILAIAN ADIWIYATA

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMI - Jumat, 23-September-2022 - 16:27

SDN 6 Tasti Pumi, Laksanakan Program Jum’at Mengaji

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater