Baslini Sampaikan Selamat Kepada H. Riza Fahlevi Terpilih Sebagai Ketua Kwartir Daerah Sumsel

Kamis, 30-Desember-2021, 09:48


Lahatonline.com, Tanjung Payang – Baslini, M.Pd Kamabigus 01.139 – 01-01.240 SMA Negeri 4 Lahat mengucapkan selamat atas terpilihnya H. Riza Fahlevi sebagai ketua kwartir Daerah Sumatera Selatan masa bakti 2022-2027.

“Selamat kepada kanda Riza Fahlevi sebagai ketua kwartir Daerah Sumatera Selatan masa bakti 2022-2027” ucap Baslini, Kamis 30/12/21.

Untuk diketahui Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Drs H Riza Pahlevi, M.M. secara aklamasi terpilih menjadi Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumsel untuk masa bakti 2022-2027 dalam Musyawarah Daerah (Musda) Gerakan Pramuka Sumatera Selatan pada Rabu (29/12).

Sebelumnya, sejak Juli 2021 lalu, Riza Fahlevi sudah menjadi Pelaksana Tugas (PLT) Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Selatan menggantikan posisi H. Mukti Sulaiman, SH., M.Hum yang berhalangan tetap.

Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Waka Mabida) Gerakan Pramuka Sumsel membuka secara resmi Musda yang diselenggarakan di Hotel Aryaduta Palembang. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Mayjen TNI (Purn) Bachtiar Utomo, S.IP., M.AP.

Dalam sambutannya, Wagub Mawardi berharap Musda ini juga dapat menyusun program kerja yang baik, karena Gerakan Pramuka sebagai ujung tombak yang tepat mengawal kemajuan di Sumsel. “Di Musda ini mari kita susun program kerja depan demi mewujudkan Sumsel maju untuk semua,” katanya.

Di samping itu gerakan pramuka sebagai organisasi pendidikan yang selama ini telah banyak melakukan kegiatan kepemimpinan dan pengembangan potensi serta sebagai wadah untuk pengembangan SDM di masyarakat. “Mari kita bersama-sama mengembangkan SDM dengan pendekatan Tri Bina yakni Bina Diri , Bina Satuan, dan Bina Masyarakat ,” ungkapnya.

Ditunjuknya Sumsel sebagai tuan rumah Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Bhayangkara (Pertikara) Tingkat Nasional 2022 juga menjadi perhatian serius Mawardi Yahya. Karena itu dia mengajak semua kepengurusan kepramukaan mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota untuk kompak, dengan begitu dia sangat optimis jika jambore tersebut bakal sukses.

“Kita telah dipercaya menjadi tuan rumah Pertikara Nasional Tahun 2022, artinya kekompakan dan kebersamaan inilah kunci sukses, jika kita sukses nanti insyallah kita terus dipercaya,” kata Mawardi Yahya.

Sementara itu, Riza Fahlevi melaporkan bahwa Musda Gerakan Pramuka yang digelar 28-30 Desember 2021 diikuti 121 peserta dari seluruh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka yang ada di Sumsel.

“Tujuan dari Musda Gerakan Pramuka Sumsel ini memaparkan seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan pada masa bakti 2017-2022 dan khususnya melaraskan semua pelaksanaan kegiatan kedepan,” kata Riza Fahlevi.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol. (Purn) Drs. Budi Waseso dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Mayjen TNI (Purn) Bachtiar Utomo, S.IP., M.AP. mengatakan bahwa pada pasal 30 UU Gerakan Pramuka dinyatakan bahwa Musyawarah Daerah atau Musda merupakan forum untuk pertanggungjawaban organisasi; pemilihan dan penetapan kepengurusan organisasi kwartir daerah; dan penetapan rencana kerja organisasi. Hal tersebut kemudian diperjelas aturannya dalam Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Gerakan Pramuka.

“Saya ingin mengutip pula ART Gerakan Pramuka pada Pasal 67 tentang Tugas dan Tanggung Jawab Kwartir Daerah. Pada butir (4) disebutkan tugas Kwarda juga ”melakukan hubungan dan konsultasi dengan Majelis Pembimbing Daerah”. Dalam kaitan ini, saya mengharapkan terdapat pemisahan tegas antara pengurus Mabida dan pengurus Kwarda. Masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda, dan jika hal itu diabaikan menyebabkan roda organisasi tidak berjalan sebagaimana mestinya. Jadi jangan sampai terjadi Ketua Mabida merangkap Ketua Kwarda, dan seterusnya,” papar Ka Kwarnas.

Hal lain yang juga penting diperhatikan menurut Ka Kwarnas adalah dalam pemilihan Ketua Kwartir harus dilakukan secara transparan, termasuk dengan meneliti sebaik mungkin latar belakang para calon. “Ingatlah selalu dengan Tri Satya Pramuka yang antara lain berbunyi, “Demi kehormatanku”. Jangan ada penekanan-penekanan, karena kita Pramuka yang tentu mempunyai aturan dan norma dengan mengedepankan musyawarah untuk mufakat,” tandas Ka Kwarnas.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater