Selasa Besok, Ribuan Massa FCDB Serbu Sekretariat Panitia Pilkades Ulak Pandan

"Protes Terkait Pilkades Ulak Pandan Yang Dipaksakan"

Senin, 6-Desember-2021, 22:28


ULAK PANDAN – Ribuan masa yang mengatasnamakan Forum Cinta Demokrasi Bersatu (FCDB) pada besok Selasa (07/12/2021) sekira pukul 10.00 WIB, bakal menggelar aksi damai besar besaran dikantor sekretariat Panitia Pilkades serentak Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat.

Aksi demo yang akan digelar besok Selasa itu, merupakan buntut kekecewaan masyarakat Desa Ulak Pandan Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat. Selain itu, demo tersebut, merupakan desakan masyarakat terkait proses penyelenggaraan pemilihan kepala desa (Pilkades serentak) yang bakal dilaksanakan pada tanggal 09 Desember 2021.

Koordinator aksi (Kotak) Aswani membenarkan, bahwasannya besok Selasa masyarakat atas nama Forum Cinta Demokrasi Bersatu (FCDB) akan melakukan aksi dama kekantor Camat Merapi Barat, Kabupaten Lahat.

“Aksi yang dilakukan merupakan bentuk desakan masyarakat Desa Ulak Pandan atas Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades serentak) di Desa Ulak Pandan yang diduga dipaksakan, dan melalui aksi ini sebagai bentuk kekecewaan,” ujar Kotak FCDB saat dibincangi wartawan, pada Senin (06/12/2021) kemarin.

Ia menjelaskan, sebagai dasar aksi Forum Cinta Demokrasi Bersatu (FCDB) UUD 1945, UU Nomor 09 tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat dimuka umum, Deklarasi Universal HAM Dunia, hasil petisi Ulak Pandan, dan desakan masyarakat.

“Yang akan kita laksanakan pada Selasa (07/12/2021) sekitar jam 10.00 WIB, dengan titik kumpul Kadus IV Ulak Pandan, titik aksi di Sekretariat Panitia Pilkades Ulak Pandan, gunakan alat peraga diantaranya, spanduk dan pengeras suara, estimasi jumlah massa lebih kurang 1000 orang, dengan koordinator sebanyak lima (5) orang,” tambahnya.

Dalam aksi Selasa besok kata Aswani, ada tiga tuntutan massa diantaranya, menolak pemilihan kepala desa (Pilkades) Desa Ulak Pandan yang dilaksanakan pada tanggal 09 Desember 2021, Menunda pelaksanaan pemilihan kepala desa Ulak Pandan, dan, memintak agar dapat mengevaluasi kembali Perbup Lahat nomor 45 tahun 2021.

“Harapan, suara kami dari Forum Cinta Demokrasi Bersatu (FCDB) dapat didengar dan disampaikan, agar terciptanya Demokrasi Pilkades yang benar benar bebas dan bersih untuk Desa Ulak Pandan,” pungkasnya.

Sementara, Evan Yusup selaku Panitia saat dikonfirmasi wartawan membenarkan bahwa besok Selasa akan ada aksi damai masyarakat di Sekretariat Desa Ulak Panda.

Diungkapkannya, ditambah lgi beberapa hari yang lalu, dari Internal Kepanitian termasuk Ketua Panitia pun sudah mengundurkan diri.

“Ya, saya binggung, Selasa besok ribuan massa melakukan unjuk rasa, disisi lain sudah ada panitia termasuk Ketua Panitia telah mengundurkan diri semua,” ucap Evan dengan nada sedih. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater