Mistikus Angka Tiga (3) & Seorang Calon Kepala Desa (Bagian-1)

Senin, 29-November-2021, 23:24


Lahatonline.com, Gunung Agung – Malam ini saya tergugah melihat status facebook seorang sahabat yang mengunggah foto seorang calon kepala desa (incumbent) yang mengangkat nomor urutnya. Karena kebetulan, saya (kebanyakan orang juga) kenal baik dengan calon kepala desa tersebut; Dafit Afriansyah, calon kepala Desa Gunung Agung, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat.

Angka 3 (tiga) yang diangkat tepat di depan dada Dafit Afriansyah sang Kepala Desa Gunung Agung periode lalu seakan menjadi penyeimbang dari angka 1 S.D 5 dari kelima calon karena berada di tengah-tengah. Hal ini sesuai dengan karakter beliau yang senantiasa menjadi penengah ketika masyarakatnya diterpa permasalahan.

Angka 3 (tiga) juga mengingatkan saya pada sebuah kisah, tatkala Rasulullah bertanya kepada Umar bin Khattab dalam sebuah riwayat.

“Apa yang kamu sukai di dunia ini ya Umar?”

“Tiga (3) ya Rasulullah. Pertama, saya menegakkan Amar Maaruf walaupun saya sendirian. Yang kedua, saya mencegah yang mungkar walaupun orang marah kepada saya. Dan yang ketiga, akan saya katakan kebenaran itu walaupun pahit dirasa orang.”.

Rasanya akan terlalu berlebihan dan tidak realistis jika menyamakan seorang Dafit Afriansyah dengan seorang Umar bin Khatab. Hanya saja entah disadari atau tanpa disadari, saya mengamati Dafit Afriansyah sudah berada pada koridor sikap peneladanan sahabat yang dikenal sebagai Al-Faruq tersebut.

Di luar konteks saya bukan orang Desa Gunung Agung, mengemukakan statement tersebut bukan tanpa alasan. Apalagi hanya sebatas berlandaskan tuah angka 3 dari seorang kepala daerah. Sebagaimana pepatah, tidak ada asap jika tanpa api.

(Bersambung)

Aan Kunchay/DIAS

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater