Kapolres Lahat Ahmad Gusti Hartono, Nyanyikan Sawemelile Lagu Daerah Lahat

Rabu, 20-Oktober-2021, 17:54


Lahatonline.com, Lahat – Guna melestarikan adat budaya Kabupaten Lahat serta menyemarakkan untuk selalu mendengungkan bahasa khas daerah, Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono, SIK menyanyikan salah satu lagu Asli daei Kabupaten Lahat yang berjudul ” SAWEMELILE”.

Terpantau awak media, lagu Samelile dinyanyikan oleh Kapolres diakhir acara Kenal Pamit Wakapolres Lahat, Kabag Ops, Kabag Ren, Kasat Intelkam, Kasat Binmas dan Kapolsek Merapi di Aula Mapolres Lahat.

Terlihat, pria yang akrab disapa AGH ini begitu bersemangat dan turut menjadi perhatian para hadirin ketika menyanyikan lagu Sawemelile yang diiringi oleh Organ Tunggal.

“Lirik lagu daerah Kabupaten Lahat yang saya beejudul Sawe Melile memiliki makna dan arti yang mendalam. Sehingga masyarakat hendaknya turut melestarikan berbagai lagu daerah yang pada dasarnya bermakna positif dalam kehidupan” ujar Kapolres, Rabu, 20/10/21.

Dan kalau kita maknai dari lirik lagu Sawemelile ini, ialah menceritakan suatu keindahan daerah Kabupaten Lahat yang sejuk dan makmur, dengan keseharian masyarakat di desa yaitu berkebun kopi di kaki bukit yang kita kenal bersama yaitu Bukit Jempol atau bukit Serelo dan memang seharunya lagu – lagu daerah ini kita lestarikan bersama.

Lanjut AGH, tingginya arus informasi membuat akses lagu – lagu indonesia dan luar negeri mudah sekali diakses oleh masyarakat daerah. Oleh karenanya, tantangan pelestarian lagu daerah menjadi semakin berat. Namun, bukan berarti kita menyerah dengan perkembangan zaman saat ini. Sebagai generasi muda dari daerah, ini menjadi tantangan dan bahkan peluang jika lagu daerah juga bisa menasional dan bahkan mendunia, ungkapnya.

Jadi mari kita bersama – sama melestarikan budaya daerah khususnya lagu daerah agar lebih dikenal oleh masyarakat luas, ajaknya.

Tampak, Kapolres Lahat menyanyikan lagu Sawemelile dengan ditemani oleh Dua anggotanya.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT - Sabtu, 27-November-2021 - 23:34

UPDATE C-19, LAHAT TAK ADA KASUS

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MERAPI BARAT - Kamis, 25-November-2021 - 20:05

HGN, SMAN 1 Merapi Barat Gelar Berbagai Kegiatan

selengkapnya..

LAHAT SELATAN - Kamis, 25-November-2021 - 16:17

Hari Guru, SD 01 Tanjung Payang Potong Tumpeng

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater