Hujan Semalaman, Rendam 8 Rumah Warga Sukarami

Rabu, 13-Oktober-2021, 15:41


SUKARAMI – Peristiwa bencana kembali menerpa Kabupaten Lahat, diguyur hujan semalaman mengakibatkan sedikitnya delapan rumah warga di Desa Sukarami Kecamatan Gumay Talang Kabupaten Lahat, direndam banjir dengan kedalam 1,5 Meter.

Peristiwa tersebut, terjadi sekitar pukul 07.00 WIB, sehingga, menyebabkan warga yang bermukim di Desa Sukarami Kecamatan Gumay Talang Lahat, harus kehilangan tempat tinggal.

Namun, beruntung dalam kejadian itu, tidak sampai menelan korban jiwa, dan untuk kerugian Materi belum dapat diketahui, karena, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lahat masih melakukan evakuasi terhadap korban banjir.

“Curah hujan yang cukup tinggi semalaman, yang menerjang Kabupaten Lahat, mengakibatkan terendamnya delapan rumah warga Desa Sukarami Kecamatan Gumay Talang Lahat dengan kedalaman sekitar 1,5 Meter dan sampai saat ini, air mulai berangsur angsur nyusut,” ungkap Camat Gumay Talang Lahat Edi Oktob SE, pada Rabu (13/10/2021) kemarin.

Dijelaskan Edi Oktob, delapan unit rumah warga yang direndam banjir diantaranya, Parit, Johardi, Deki, Marli, Alex, Aan, Taswir, dan Sunyoto warga Desa Sukarami Kecamatan Gumay Talang Kabupaten Lahat.

“Saat ini, para korban banjir sedang dilakukan proses evakuasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lahat, dengan menggunakan perahu karet,” tambahnya. Seraya menambahkan, pihaknya akan terus memantau atas kejadian yang ada, dan mengantisipasi kejadian susulan.

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lahat, Drs.H.Ali Afandi MM melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Lahat Anantak ST MT menyampaikan, saat ini para korban telah dilakukan evakuasi.

Untuk upaya yang dilakukan, diakui mantan Kabid Penggairan PU Bina Marga, delapan orang korban terdampak banjir oleh curah hujan yang cukup tinggi semalaman ini, akan tinggal dirumah sanak pamili dan kerabat mereka masing masing.

“Untuk harta benda semua korban aman, tapi, tempat tinggal mereka saat ini digenangi oleh air yang cukup dalam. Namun, apabila air sudah surut para korban akan kembali lagi kerumah mereka,” tukasnya.

Untuk bantuan sendiri, kata Anantak, belum ada, tapi, saat ini sudah datang dari Dinas Sosial Pemkab Lahat, untuk melakukan pendataan terhadap korban banjir. Insyaallah, pada besok Kamis (14/10/2021), akan ada bantuan yang datang dari BPBD Provinsi Sumsel.

“Hari ini dari Dinsos Pemkab Lahat sudah turun dan mendata para korban. Dan, kalau tidak ada ara melintang, pada Kamis besok, bantuan dari BPBD Provinsi Sumsel, berupa paket sembako yang akan diberikan kepada korban terdampak banjir di Desa Sukarami, Kecamatan Gumay Talang Lahat,” terang Anantak.

Terakhir, diinformasikan Anantak, Petugas Operator Pusdalops-PB BPBD KAB.LAHAT.( Okta Juliansyah )
No HP : 0812 7101 2152
Alamat : Jl.Kolonel H.Barlian
Kelurahan Pasar Lama Kecamatan Lahat
No telp/fax : 0731 (323830)
Kode pos : 31413
Email: bpbd.lahat@gmail.com. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater