SMK N 1 MERAPI TIMUR GANDENG PT. ASTRA DAIHATSU PENGUATAN BUDAYA INDUSTRI / BUDAYA KERJA

Kamis, 7-Oktober-2021, 23:58


LEBUAI BANDUNG – Workshop pengembangan karakter dan penguatan budaya kerja dengan program pintar bersama PT. Astra Daihatsu, dilaksanakan pada tanggal 7 s/d 8 Oktober 2021.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Korwil PBD Area sumatera Bapak Drs. Irman tanjung sekaligus sebagai narasumber dengan didampingi secara luring oleh Bapak Kepala Sekolah Dr. Panyahuti, M.Pd.T, Guru dan tenaga kependidikan.

Dalam arahan dan sambutannya Kepala Sekolah menekankan bahwa setelah mengikuti kegiatan workshop ini SMK N 1 Merapi Timur bisa menerapkan karakter budaya industry/budaya kerja secara bertahap, sehingga diharapkan tamatan SMK N 1 Merapi Timur bisa masuk dunia kerja dengan mudah. Bila memungkinkan bukan lagi SMK N 1 Merapi Timur yang mengajukan tapi dunia industry yang meminta tamatan dari SMK N 1 Merapi Timur. Karena persaingan kerja semakin ketat, bukan hanya bersaing dengan manusia namun juga bersaing dengan robot.

Menurut Bapak Drs. Irman Tanjung Korwil PBD Area sumatera sebagai narasumber. Ada 3 Rahasia Besar Kesuksesan jepang

(1) 5S (2) KAIZEN (3) HORENZO yang dapat kita terapkan dalam penguatan budaya industry. 5S artinya Seiri (ringkas), Setton (rapi), Seiso (resik) membersihkan area dari kotoran dan debu, Seiketsu (SOP) dan Shit Suke (membiasakan kondisi 5S terjaga kapanpun.

(2) KAIZEN (perbaikan) KAI artinya perbaikan dan ZEN artinya bagus. Jadi kaizen adalah perbaikan yang berfokus pada pengembangan dan peningkatan berkelanjutan.

(3) HORENZO (HOUKOKU, RENRAKU, SOUDAN). HOUKOKU (melaporkan) melaporkan proses kerja dan hasil kerja yang dicapai, RENRAKU (menghubungi/komunikasi atau menginformasikan) menghubungi/komunikasi dengan pihak manapun untuk kelancaran pekerjaan, SOUDAN (konsultasi/diskusi) membahas selalu permasalahan/jalan keluar atau usulan perbaikan.

Dengan menggunakan 3 metode Jepang ini dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi SMK.

Permasalahan yang sering terjadi dan dikeluhkan oleh pihak industry adalah rendahnya budaya kerja alumni SMK. Hal ini tentunya menjadi keprihatinan bagi SMK dalam upaya menyiapkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja.

Ini adalah langkah awal untuk menjalin kerjasama dengan Daihatsu dalam menyiapkan SDM yang siap bekerja pada Bidang Manfaktur Otomotif dan bidang service, SMK N 1 Merapi Timur melalui program SMK PK, mengundang pihak mitra Industri, khususnya dari PT. Astra Daihatsu, untuk memberikan masukan tentang bagaimana menguatkan karakter budaya kerja pada siswa SMK N 1 Merapi Timur.

(RELEASE)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

LAHAT - Kamis, 29-September-2022 - 10:04

SDN 31 LAHAT SIMULASI ANBK

selengkapnya..

MULAK ULU - Kamis, 29-September-2022 - 10:03

INI ALUR PELAYANAN PUSKESMAS MUARA TIGA 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater