Dana Retasi Nuggak 2 Tahun Lebih, Kades 3 Desa Di Merapi Barat Pertanyakan Ke PT. ABG

PT AYEK BATU GUNG

Senin, 20-September-2021, 18:00


Lahatonline.com, Merapi – Belum dibayarnya dana retasi selama 2 tahun lebih oleh Pihak PT. ABG kepada 3 desa wilayah ring satu yaitu Desa Suka Marga, Tanjung Pinang dan Gunung Agung, akhirnya 3 kades serta unsur BPD di 3 desa tersebut mengadakan mediasi bersama unsur tripika kecamatan Merapi Barat dengan menghadirkan langsung pihak PT. ABG.

Pantauan awak media, mediasi ini berlangsung di Kantor Camat Merapi Barat pada pukul 10.00 WIB.

Mengawali Pembicaraan, Sumarno, SE. M. Si Camat Merapi Barat mengatakan terkait diadakannya mediasi ini ialah atas adanya tuntutan hak kepada PT. ABG di 3 desa diwilayah yang ia pimpin.

” Atas dasar itulah diadakan mediasi ini, jadi silahkan kepada kades untuk menyampaikannya langsung ke pihak PT. ABG sehingga tahu duduk permasalahnya ” sampai Sumarno, Senin, 20/09/21.

Sementara itu, Dody dari PT. ABG sebagai tim pemeriksa menyampaikan alasan mengapa dana retasi selama 18,5 bulan tersebut hingga saat ini belum juga direalisasikan.

Menurut Dody, seharusnya pihak pemerintah desa menyampaikan laporan surat pertanggung jawaban (SPJ) kepada pihak PT kemana saja dana tersebut disalurkan, selain itu alasan kedua masalah pandemi Covid – 19 dan ketiga masalah interen pihak PT. ABG sehingga pihak PT. menunda realisasi dana tersebut.

Menanggapi alasan dari PT. ABG Dafit Apriansyah Kepala Desa Gunung Agung menyampaikan bahwa pihaknya kalau memang diperlukan SPJ kemana dana tersebut direalisasikan, maka ia siap untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

” Kalau memang itu alasannya, kami siap untuk menyiapkan segala sesuatunya, dan seharusnya dari awal pihak PT. ABG menyampaikan kepada kami bahwa PT. ABG perlu laporan SPJ dari pemerintah Desa dan kami minta ke PT. ABG agar Forum juga dimintai SPJnya” tegas Dafit.

Dafit juga menegaskan agar dana tersebut segera untuk dicairkan karena Ia tidak ingin warganya beranggapan negatif terhadapnya yang sebentar lagi akan berakhir masa jabatan sebagai Kades.

” Kami minta kepada Pihak PT. ABG agar dana retasi segera dicairkan, mengingat kami akan segera berakhir masa jabatan sebagai kades, kami tidak ingin warga kami beranggapan bahwa kami memanfaatkan dana tersebut untuk ikut pilkades mendatang ” tambahnya.

Senada, Apriadi kades Suka Marga dan Lukman Hadi Kades Tanjung Pinang juga akan menyiapkan SPJ.

” Namun kami perlu kejelasan dan kepastian dari jawaban pihak PT. ABG kapan dana tersebut akan dicairkan ” tegas Apriadi.

Endang Suryadi Ketua Forum FMPL 3 DB (Forum Masyarakat Peduli Lingkungan 3 Desa Bersatu ) menyampaikan bahwa pihak forum tidak tinggal diam yaitu selalu menanyakan ke ABG mengapa sampai belum terbayarkan, namun juga kami tidak bisa memaksakan pihak ABG harus mebayar, terangnya.

Kembali Dody memberikan jawaban bahwa dalam waktu dekat Ia akan menyampaikan hasil mediasi ini ke atasan, Insya Allah diakhir September akan diadakan pertemuan kembali di Kantor Camat untuk memberikan jawaban dari mediasi pada hari ini.

Sementara perwakilan Polsek Merapi yang diwakilkan Ipda Rais agar permasalahan ini segera menemui titik terang, sehingga tidak berlarut cukup lama. Ia juga meminta kedua belah pihak saling memahami sehingga hal – hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

ARTIKEL/OPINI - Selasa, 19-Oktober-2021 - 07:35

Hefra Lahaldi : “Transformasi”

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater