Koramil 405-03 Kikim Tingkatkan Posko Patroli Terpadu Karhutla

Sabtu, 11-September-2021, 15:19


KEBAN AGUNG — Guna mengantisipasi terjadinya kebakaran terutama hutan, dan, dilahan lahan kosong, membuat Koramil 405-03 Kikim tingkatkan Posko Patroli Terpadu (Patdu) Karhutla Manggala Agni di Desa Keban Agung Kecamatan Kikim Selatan.

Tim gabungan TNI-POLRI aparat Satkowil setempat, Babinsa, Babinkamtibmas, masyarakat peduli aktif (MPA) yang tergabung dalam memberikan pengawasan, pengecekan, dan pencegahan akan terjadinya kebakaran hutan, dan lahan lahan kosong.

“Ditingkatkannya posko patroli terpadu (Patdu) ini, merupakan sebagai wujud program di dalam menetralisir terjadinya bahaya kebakaran hutan, dan lahan yang dapat merusak ekosisten lingkungan, serta sekitarnya,” kata Dandim 0405 Lahat Letkol Kav Syawaf Al Amien SE.M.Si didampingi Danramil 405-03 Kikim Kapten Arh Oktavian Zulkarnain, disampaikan Babinsa SERMA Usman, pada Sabtu (11/09/2021) kemarin.

Dijelaskan Usman, untuk pelaksanaan patroli akan dilakukan disejumlah titik yang menjadi sasaran diantaranya, di Desa Keban Agung, Pandan Arang, Pulau Beringin dan Desa Beringin Janggot Kecamatan Kikim Selatan (Kim-Sel) Kabupaten Lahat.

Selain itu ditegaskan Usman, akibat cuaca yang tidak menentu membuat Tim Patdu yang dibentuk bergerak kesetiap titik atau tempat yang dianggap rawan, disamping mengaktifkan kegiatan sebelum terjadi hal yang tidak diharapkan.

“Hal ini kami lakukan mengingkat, wilayah Kecamatan Kikim Selatan (Kim-Sel) mempunyai kawasan hutan yang luas mayoritas penduduknya petani dan berkebun,” urainya lugas.

Tidak sampai disitu saja, Usman menambahkan, disamping pengecekan dan pengawasan Tim Patdu memberikan sosialisasi, himbauan, serraengajak semua masyarakat khususnya warga agar taat kepada aturan hukum, tidak boleh membakar Lahan atau Hutan sembarangan,” terangnya.

Alhasil yang diperoleh dilapangan menurut Usman, Alhamdulillah sampai hari ini Tim Patdu belum menemukan adanya sumber api walau begitu, namun, Tim Patdu tetap selalu waspada. Giat patroli terpadu Karhutla gabungan ini, akan dilaksanakan selama kurang lebih sebulan.

“Sebagai Babinsa Kim-Sel sangat bersyukur saat kegiatan berlangsung dapat berjalan lancar dan kondusif. Tidak lupa, kami juga mengucapkan terima kasih semua pihak, baik Pemerintah setempat, dan dukungan masyarakat sekitar, sebagai bukti aspirasi yang tinggi kami mewakili Aparat setempat mengucapkan selamat hari ulang tahun (HUT) Manggala Agni yang ke 19 th 2021 semoga tetap jaya selalu,” pungkas Usman. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MERAPI BARAT - Minggu, 25-September-2022 - 21:33

Mekanic Subkon PT MAS Tewas Dilindas Dozer

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - Minggu, 25-September-2022 - 19:24

Herma Warga Tanjung Alam Bunuh Diri Minum Gromoxon

selengkapnya..

PAGAR GUNUNG - Minggu, 25-September-2022 - 18:00

MIN 4 LAHAT GO TO PENILAIAN ADIWIYATA

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMI - Jumat, 23-September-2022 - 16:27

SDN 6 Tasti Pumi, Laksanakan Program Jum’at Mengaji

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Jumat, 23-September-2022 - 14:44

SDN 18 KIKIM TIMUR SUKOHARJO BANGUN GEDUNG UKS 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater