PATANI DESA BABATAN PANEN JAHE MERAH

Kamis, 9-September-2021, 11:11


BABATAN – Ditengah Pandemi Covid-19, Pemerintah Desa Babatan kecamatan mulak ulu kabupaten Lahat mencoba peruntungan dengan memberdayakan menanam Jahe sebagai produk unggulan desa. Sebab, Jahe menjadi komoditas yang tak terpengaruh harganya meski perekonomian Indonesia sedang melemah.(09/09/2021).

harga jahe masih stabil di pasaran meski harga barang komoditi lain sedang turun. Oleh karena itu kita mendorong petani desa untuk memanfaatkan lahan yang ada ditanami Jahe Merah.

Tanaman Jahe sengaja dipilih selain karena panennya yang tidak membutuhkan waktu lama, juga karena tidak begitu sulit diterapkan oleh masyarakat,” katanya.

Secara budidaya masyarakat memiliki kemampuan di bidang bertani. Seperti cara menanamnya, merawat, dan memasarkannya.

salah seorang petani jahe merah Ani menerangkan, “dalam hal budidaya tanaman jahe perlu adanya kerjasama dari warga dengan pihak desa. Sebab jika nantinya berjalan untuk kebutuhan proses penanaman Jahe akan dibantu oleh desa.

baik di asfek tekhnik penyiapan lahan, penanaman, perawatan hingga pemasaran komoditi jahe merah. setelah prospek terlihat bagus, warga yang berpartisipasi juga memiliki kemampuan dalam menanam Jahe, maka pihak desa akan langsung berikan fasilitas dan bantuan yang diperlukan guna mengembangkan program tersebut,”ujarnya.

Pada media ini Ani bahkan menjelaskan tutorial penanaman jahe merah, di jelaskannya, “Masukkan bibit jahe yang sudah bertunas ke lubang tanam yang sudah dibuat. jika sudah dimasukkan ke dalam lubang, tutup lagi dengan tanah.
Jangan tutup terlalu rapat terutama pada bagian tunasnya.
Tunas jahe merah akan mulai tumbuh dan berkembang setelah 2 minggu.

“Harapan ke depan dapat jadi program unggulan desa. Membuka lapangan pekerjaan baru dan usaha baru,” tuturnya.

Dari pantauan banyak masyarakat yang mencoba peruntungan dengan membudidayakan tanaman jahe merah. harapan mereka adanya penampungan hasil komoditi tanaman jahe merah. serta pasaran yang kian luas sebagai geliat ekonomi di tingkat pedesaan.

CAPLIN SEGANTI

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT - Rabu, 27-Maret-2024 - 17:54

Guru Penggerak Terus Bertambah 

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater