Pembangunan PLTS dan Pompa Irigasi PT Bukit Asam Tbk, Bupati Lahat : Apresiasi dan Inovasi Ini Jadi Contoh

Rabu, 8-September-2021, 22:10


NANJUNGAN — Bupati Lahat Cik Ujang SH hadiri secara langsung Peletakan batu pertama PLTS Nanjungan dan penyerahan bantuan 20 ton beras untuk penanggulangan Covid-19 . Rabu (08/09/2021) pukul 09 00 wib bertempat di desa Nanjungan kecamatan Merapi Timur kabupaten Lahat provinsi Sumsel .

Direktur utama PT Bukit Asam Tbk Suryo Eko Hadianto menyampaikan hari ini simbolis mengawali kerja antara PTBA dan warga Nanjungan untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang akan di gunakan untuk pengairan sawah oleh warga desa Nanjungan sekitarnya .

PLTS ini nanti akan menyuplai listrik ke pompa irigasi, yang mana selama ini untuk pengairan sawah warga biasa mengandalkan tadah hujan dengan PLTS ini penghasilan pertanian lebih optimal.

“Kapasitas PLTS mencapai 27.500 Watt dan akan melistriki pompa irigasi yang berkapasitas 30 liter perdetik, pompa irigasi ini bisa mengairi sawah sekitar 100 hektar sawah. Dengan memamfaatkan teknologi ini harapannya panen warga semakin optimal, yang setahun hanya sekali karena cuaca bisa menjadi dua atau tiga kali setahun panen,” katanya .

Pembangunan PLTS ini bukan hanya sekedar program PTBA tetapi wujud nyata PTBA dalam menerapkan Noble purpose yakni pertambangan untuk peradaban, kesejahteraan dan masa depan yang lebih baik .

“Harapan kami PTBA sebagai perusahaan tambang membawa manfaat lebih banyak ke masyarakat, termasuk warga desa Nanjungan . Dengan kehadiran PLTS dan pompa irigasi dapat membangun ketahanan pangan kawasan dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan hasil panen yang bertambah,” katanya .

Sementara Bupati Lahat Cik Ujang SH menyampaikan terimakasih atas pembangunan PLTS dan pompa irigasi di desa Nanjungan. Dengan kepedulian PT Bukit Asam Tbk yang membangun PLTS di desa Nanjungan Kecamatan Merapi Timur ini dapat menjadi contoh bagi pemerintah Kabupaten Lahat karena daerahnya datarannya agak tinggi,” ujarnya.

“Pemerintah Kabupaten Lahat apresiasi dengan pembangunan PLTS untuk pengairan ini, inovasi dari PTBA untuk warga Kabupaten Lahat. supaya masyarakat Kabupaten Lahat hasil persawahan akan meningkatkan, pendapatannya meningkatkan dan bisa mensejahterakan keluarganya.Terimakasih kepada PT Bukit Asam Tbk yang telah banyak membantu pemerintah kabupaten Lahat,” kata Bupati Lahat .

Dalam kesempatan itu PT Bukit Asam Tbk juga memberikan bantuan 20 ton beras untuk warga di kabupaten Lahat dan simbolis di terima langsung Bupati Lahat. penyerahan beras tersebut harapannya dapat membantu pemerintah daerah di pandemi covid-19 ini .

Tampak dalam kegiatan Bupati Lahat Cik Ujang SH, Direktur utama PTBA Suryo Eko Hadianto, Direktur operasional dan produksi Suhedi, Direktur SDM Dwi Fatan Liliana, OPD, Kapolsek Merapi, Danramil Merapi, Camat Merapi Timur, Lurah Lebuay Bandung, para kades toko masyarakat dan warga desa Nanjungan . (EY)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater