UKIRAN RUMAH BAGHI POTRET KEHIDUPAN NENEK MOYANG DI MASA LAMPAU

Kamis, 2-September-2021, 17:13


TANJUNG ALAM – Salah satu bukti peninggalan nenek moyang di bumi besemah ialah Rumah baghi Besemah yang berusia ratusan tahun. seperti yang terdapat di Desa Tanjung Alam kecamatan tanjung sakti pumu Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, hingga saat ini yang menempatinya pun tetap merawat dan menjaganya. seperti di ketahui Rumah baghi yang bahannya menggunakan material kayu yang kuat serta motif ukiran yang sangat mengagumkan menggambarkan potret kehidupan di masa lampau, yang akrab di sebut masyarakat adat besemah zaman baghi. Kamis (02/09/2021).

Salah seorang yang masih menempati dan merawat Rumah baghi Sawarudin mengatakan,” Payu singgah ke humah kami untuk menjajal wisata warisan budaya dari nenek moyang/leluhur. Belanju balik/berkunjung ke Desa saya Tanjung Alam Kecamatan Tanjung Sakti kecamatan Tanjung Sakti Pumu Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. keluarga Sawarudin sudah menempati rumah tersebut sekitar 35 tahun.

Di ceritakannya, selain desain arsitektur yang menarik, fisik bangunan yang usianya ratusan tahun itu mengundang kekaguman bagaimana rumah tersebut dibangun pada zaman itu. lebih menari lagi motif ukiran rumah sangat unik adalah motif bunga horizontal, bubulan yang berbentuk lingkaran. Motif ukir yang biasanya terletak didinding samping rumah menurut cerita itu merupakan simbol persatuan yang kuat di antara sesama penghuni rumah dan sesama masyarakat suku besemah.

Selain itu di tengah terdapat bubulan umumnya terdapat lubang dan dari beberapa sumber menceritakan biasanya itu digunakan sebagai tempat mengintip bagi penghuni rumah, terhadap kondisi dan situasi di luar rumah.
Ditambah tiang kayu penyangga,tiang penyangga teras rumah yang berbentuk bulat, dan papan kayu rumah dengan ketebalannya. “Kita akan bertanya-tanya, bagaimana orang-orang pada masa itu mengangkut kayu-kayu tesebut dari dalam hutan,” ujar Sawar.

CAPLIN SEGANTI

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MERAPI BARAT - Minggu, 25-September-2022 - 21:33

Mekanic Subkon PT MAS Tewas Dilindas Dozer

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - Minggu, 25-September-2022 - 19:24

Herma Warga Tanjung Alam Bunuh Diri Minum Gromoxon

selengkapnya..

PAGAR GUNUNG - Minggu, 25-September-2022 - 18:00

MIN 4 LAHAT GO TO PENILAIAN ADIWIYATA

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMI - Jumat, 23-September-2022 - 16:27

SDN 6 Tasti Pumi, Laksanakan Program Jum’at Mengaji

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Jumat, 23-September-2022 - 14:44

SDN 18 KIKIM TIMUR SUKOHARJO BANGUN GEDUNG UKS 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater