Pangi Gate, Dituding Lakukan Pengerusakan, Ketua Forum Kades Kimsel Klarifikasi

Minggu, 1-Agustus-2021, 16:43


Lahatonline.com, Pandan Arang – Beredarnya pemberitaan diduga 4 kepala desa di kecamatan Kikim Selatan melakukan pengrusakan terhadap pembangunan Dam Air Pangi 1 yang dikerjakan oleh CV. Reysha dalam beberapa hari ini, Awak media mencoba menelusuri kebenaran pemberitaan tersebut.

Berdasarkan pantauan Awak Media dilapangan setelah investigasi kebenaran dan Klarifikasi terkait pemberitaan di media beberapa hari yang lalu mengenai pekerjaan proyek rehabilitasi DAM I air pangi yang berlokasi di Desa Pandan Arang.

Adapun Desa yang dialiri air irigasi persawahan berupa bendungan DAM I air pangi diantaranya Desa Nanjungan, Desa Tanjung Kurung, Desa Keban Agung dan di Desa Pandan Arang titik DAM I air pangi yang diduga disangkakan Saryono dari pihak Kontraktor CV Reysha selaku kuasa Direktur pengadaan jasa dan sebagai pemenang tender pekerjaan proyek rehabilitasi DAM I air pangi yang diduga perusakan pekerjaan CV Reysha oleh 4 oknum Kades.

Iswandi Selaku Ketua Forum Kepala Desa Kikim Selatan dan juga kepada desa Nanjungan mewakili dari 4 Kades ketika menerima kunjungan Awak Media dikediaman kantornya di Desa Nanjungan serta didampingi ketua BPD Sarjono Desa Nanjungan dan Sekretaris Desa(Sekdes) Pandan Arang Ridi sabtu(31/7/21) menjelaskan dengan sebenar-benarnya itu adalah hak subkontraktor dan kredibilitas seperti apa harus tau dulu dan bukti tertulis berdasarkan akte notaris berarti bukan CV Reysha asli disubkan lagi itu berarti pekerjaan proyek tersebut kalau menurut keterangannya ada kuasa Direktur pengadaan jasa bukan CV Reysha langsung mengerjakanya kalau begitu. Ungkap Iswandi.

Ditegaskannya sekali lagi kami bicara berdasarkan bukti yang kuat dilapangan dan mengecek langsung pekerjaan proyek nya ada buktinya untuk membuktikannya diantaranya bukti poto dan vidio nya sangat jelas dan ada bahkan melalui GP3A serta poto-poton nya ada semua dan dapat dibuktikan.” Ujar Iswandi.

Dikatakan Iswandi jadi Menurut keterangan dari pihak kontraktor tersebut setelah kami baca di berita mengatakan dari hasil jumpa pers mereka bekerja sangup jamin berdasarkan Rab, gambar dan pekerjaan.

Tapi kenyataan dilapangan tidak sesuai dengan yang dibicarakan pada saat jumpa pers dengan awak media, Pekerjaan amburadul dan kenapa mengaduk saja dengan mengunakan Bedco serta adonan semen bercampur tanah lumpur serta serta ranting kayu. Makanya kami masyarakat tidak terima dengan pekerjaan proyek ini karena tidak sesuai dengan standar pekerjaan yang katanya berdasarkan sepek rab kontrak kerja.

Seharusnya adonan semen dapat menggunakan dengan molen dan adukan semen dengan material tidak sesuai perbandingannya sehingga pada saat kami bongkar dengan disaksikan unsur tripika kecamatan adukan semen tidak mengeras sampai 2 hari pun tetap demikian, bebernya.

Ditegaskan kades untuk lebih jelas lagi sampai berita ini diterbitkan di media ini bahkan permasalahan ini telah diketahui oleh Polres Kabupaten Lahat melalui Hendra Kanit Reskrim Lahat meninjau langsung kelapangan tempat lokasi proyek DAM I air pangi di Desa Pandan Arang beserta aparat Polsek Kikim Selatan mengecek langsung ke lokasi.

Lanjut Iswandi begitu di gali tutup acian papannya terdapatlah semen yang baru berumur satu hari satu malam bahkan kami dapatkan tidak ada semennya hanya ada aciannya saja dan begitu dipegang acianya masih lembut sekali bahkan sudah berjalan 2 hari masih saja belum keras dan bahkan air sudah lewat naik ke atas dan merembes sedangkan semen bahan materialnya sudah dibawa pulang dan camp nya sudah tidak ada lagi.”jelas kades.

Pekerjaannya sudah selesai yang dikerjaakan hanya itu saja yang mana lagi mau dikerjakan hanya merehabilitasi.

Iswandi mengatakan ukuran tertera di gambar tidak ada secara jelas apa itu 14 meter apa itu 17 meter bahkan yang mengukur itu Saryono dari subkontaktor CV Reysha itu sendiri selaku kontraktor itulah bukan dari PU yang mengukurnya.

Dari mana dan menurut keterangannya ada Rab dan gambar hanya terdapat tiga lembar gundul dan itupun tidak pernah melakukan surpey terlebih dahulu dan tidak ada titik nol nya bahkan mereka CV Reysha memasukkan alat berat bedco pada malam hari dan mengaduk mengunakan bedco tersebut lumpur dan tanah bercampur.

Sangat disayangkan dengan pekerjaan proyek ini kami masyarakat 4 Desa tidak terima dengan pekerjaan seperti ini sebab kami sebagai masyarakat adalah sebagai penerima manfaat sebab kami selaku Pemerintah Desa untuk mengurusi masyarakat banyak.”ujar kades

Keterangan langsung didapat dari Kades Iswandi CV Reysha itu bekerja hanya 5 hari dan datang setelah itu datang pertama seminggu yang lalu dan alat beratnya rusak tidak bekerja lantas datang lagi setelah mendekati lebaran idul adha dan begitu datang lagi berikutnya dan paling-paling diperkirakan dikerjakannya selama 5 hari dan dilamakanlah pekerjaannya itu adalah 14 hari dan bahkan mengambil batu,sertu,pasir di belakang DAM I air pangi itulah dan lalu diaduk jadi satu.

Pekerjaan proyek ini terus terang kami tidak terima karena pekerjaannya kurang memuaskan dengan yang diharapkan masyarakat untuk mengaliri persawahan di 4 Desa dan mereka bilang pekerjaannya mereka jamin air mengalir ke sawah namun kenyataannya setetes air pun mengalir.
Bahkan mereka mengunkan material mengambil dari lokasi DAM I air pangi itulah dengan mencedok tanah dan pasir.” terang Kades.

Sementara itu Lion Faizal anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Kabupaten Lahat dari Partai Hanura dari Dapil 5 mewakili Desa Nanjungan ketika dikonfirmasi Awak Media via telponnya mengatakan pekerjaan proyek DAM I air pangi irigasi bendungan untuk mengaliri persawahan ini pernah dibahas melalui reses dapil 5 beberapa tahun yang lalu.

Lion meminta kepada pihak kontraktor CV Reyhsa pekerjaan proyek DAM I air pangi ini untuk segera di selesaikan secara baik dan benar dan dikerjakan dengan benar-benar agar masyarakat tidak ribut dengan dikerjakan sesuai dengan sepek kontrak dan standar pekerjaan.”tutup Lion politisi Partai Hanura ini.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MULAK ULU - Kamis, 16-September-2021 - 14:27

DESA MUTAR ALAM LAMA GELAR KAMPUNG KB

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater