Pangi Gate, GNPK RI Bakal Demo, Dugaan Penyimpangan Proyek Air Pangi 1

Sabtu, 31-Juli-2021, 22:44



LAHAT – Usai mendengarkan hasil konferensi Pers yang digelar Saryono Anwar S.Sos terkait adanya indikasi penyimpangan Proyek pembangunan DAM 1 Air Pangi Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat, membuat Ketua GNPK-RI Sumsel Aprizal Muslim S.Ag angkat bicara.

“Saya selaku Ketua GNPK-RI Sumsel memastikan akan menindak lanjuti dugaan, dan akan menggelar aksi demo serta memintak pihak Kajati Sumsel guna melakukan Lit terhadap Proyek yang menelan Milyar rupiah,” kata Aprizal Muslim, pada Sabtu (31/07/2021) kemarin.

Lantaran disnyalir ada indikasi, dan pembangunan Proyek DAM 1 Air Pangi ini menggunakan uang Negara, maka kata Aprizal Muslim, dirinya berkewajiban melaporkan dugaan tersebut.

“Terlepas ini benar atau tidaknya, dikarenakan menggunakan uang Negara maka kami selaku kontrol berkewajiban melakukan pemantauan dan mintak dengan pihak Kajati Sumsel agar dapat menindak lanjuti ya,” ujar Aprizal Muslim.

Terus terang untuk teknis dilapangan, sambung Aprizal Muslim, biarpun Medan yang dilalui berat, namun, berdasarkan teknis pihak ketiga berkewajiban menggunakan mobil molen untuk mengaduknya.

“Rasanya tidak mungkin, kalau alat berat seperti veko masuk kenapa mobil molen tidak bisa. Apalagi dalam pengerjaanya sudah mencapai 65 sampai 70 persen,” ulasnya.

Bahkan, janji Aprizal Muslim, aksi demo yang akan digelarnya dalam waktu dekat ini. “Kalau dari Vidio yang saya dapat proyek yang menelan hampir 1,9 Milyar tersebut, dibangun sebagai DAM 1 Air Pangi tahun 2021 untuk mengaliri ribuan hektar sawah warga di empat desa Kecamatan Kikim Selatan Lahat ini, terindikasi tidak sesuai dengan Spek yang ada,” urainya.

Ingat ditegaskan Aprizal Muslim, ingat jangan melakukan pembelaan demi untuk mencapai kepentingan pribadi. PW GNPK-RI Sumsel hanya menunggu senggang PPKM Covid 19, dan kalau tidak ada ara melintang dipertengahan bulan Agustus 2021 ini, aksi demo bakal digerakkan.

“Saya tidak akan umbar janji, kita buktikan nanti. Karena, kalau melihat kondisi dari Vidio yang beredar pengerjaan proyek tersebut, kuat dugaan tidak sesuai dengan petunjuk spek yang ada. Pertengahan Agustus kita bakal gelar aksi demo, kalau tidak ada ara melintang,” janji Aprizal Muslim.

Sedangkan, dari hasil Pres Conprance Sariyono Anwar S.Sos membantah, atas pemberitaan selama ini. Menurutnya, saat ini masih dalam tahap pelaksanaan dan belum ada pembayaran dari Provinsi Sumsel, sehingga, pekerjaan tersebut, masih tanggungjawab kontraktor.

“Dan, kalau belum ada memakai uang Negara bagaimana proyek itu dikatakan merugikan negara apalagi terindikasi korupsi. Karena, masih dalam pekerjaan dan berakhir pada Desember 2021 nanti,” terang.

Mirisnya, masih dalam tahap pekerjaan Proyek DAM 1 Air Pangi untuk mengaliri ribuan hektar sawah milik warga di Empat Desa Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat, telah diobrak abrik oleh oknum. Untuk itu, dirinya berharap kepada para penegak hukum dugaan Empat Kepala Desa di Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat ini.

“Itu proyek masih dalam tahap pengerjaan, kami belum terima pembayaran, jadi belum ada dikatakan kerugian uang Negara. Sebab, kami hanya baru terima uang muka,” pungkasnya.

Berita sebelumnya, pembangunan DAM 1 air pangi (IPDMIP) tersebut, dikucurkan melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) I Provinsi Sumsel tahun 2021, yang menelan dana sebesar Rp.2 Milyar dikerjakan CV Resyha, terindikasi dapat mengancam kerugian Negara.

Pantauan dilokasi, dibangunnya DAM 1 air pangi (IPDMIP) yang dipusatkan di Desa Pandan Arang Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat ini, bertujuan untuk mencukupi kebutuhan air, guna mengaliri sawah warga diempat Desa Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat.

Akibat dari dugaan asal jadi, proyek yang menelan dana Milyaran itu, membuat empat (4) kepala desa (Kades) diantaranya, Iswandi Kades Nanjungan, Kasmin Kades Tanjung Kurung, Fitra Kades Keban Agung, dan Alpian Kades Pandan Arang, Kecamatan Kikim Selatan Kabupaten Lahat, mendatangi secara langsung dan mengecek pekerjaan tersebut.

“Untuk diketahui pembangunan DAM 1 air pangi ini, untuk memenuhi kebutuhan air guna mengaliri sawah warga di empat (4) desa. Sehingga, kami sepakat empat kepala desa (Kades) mengecek secara langsung atas pekerjaan yang ada,” ungkap Iswandi Kades Nanjungan dikonfirmasi mewakili tiga Kades lainnya, pada Rabu (28/07/2021) kemarin. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

KIKIM TIMUR - Sabtu, 23-Oktober-2021 - 21:27

BANGUN GAPURA UNTUK MEMPERELOK MASJID AL HIDAYAH

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater