Isoman di Hotel, Pemkab Lahat Rakor bersama PT Supreme Energi Rantau Dedap

Kamis, 22-Juli-2021, 22:23


Lahat —Bertempat di ruang Opsroom Pemkab Lahat di laksanakan rapat koordinasi (rakor ) pemerintah kabupaten Lahat bersama PT Supreme Energy Rantau Dedap mengenai penanganan kasus terkonfirmasi Covid-19 yang isolasi mandiri (Isoman) di Kabupaten Lahat. Kamis (22/07/2021)

Tampak dalam kegiatan Bupati Lahat Cik Ujang SH Wabup Lahat H Haryanto SE, PJ Sekda Lahat Drs Deswan Irsyad MPdi Dandim 0405/Lahat diwakili Kasdim Mayor Sahabudin, Kapolres Lahat diwakili Kapolsek Kota Lahat Iptu Irsan SE, Asisten I Rudi Tamrin, Kadinkes Lahat, Kabankesbangpol, Kadis DLH, Kabag Humpro Setda Lahat, Kepala BPBD, kadis Kominfo, Kadis BPMDes , Kepala Perizinan, Kepala DLH, Camat kota Lahat, Lurah, Kades Manggul, dan dari pihak hotel di kab Lahat serta pihak PT Supreme Energy Rantau Dedap beserta subcon dan Rekin .

PJ Sekda Lahat Drs Deswan Irsyad MPdi menyampaikan rakor Ini dalam usaha memutuskan penyebaran covid -19 di kab Lahat . Dan dari peryataan satgas Covi-19 Lahat menginformasikan dari data beberapa Kluster yang menjadi prioritas utama dalam menghentikan kasus covid di lahat secara bijak, salah satu kluster yang diduga memberikan sumbangsih signifikan penyebaran Covid di kabupaten Lahat adalah PT supreme Energi Rantau Dedap dari data ada 604 orang yang di nyatakan reaktif dan postif dan 230 orang di isolasi mandiri di Lahat .

“Terkait kasus covid ini diperlukan strategi kebijakan yang tepat sehingga apapun yang diambil dalam memutuskan covid -19 dan ini diperlukan data yang benar data sinkron dalam memutuskan kebijakan untuk menghentikan penyebaran covid terutama di kluster ini” katanya .

Frengki dari PT Supreme Energi Rantau Dedap menyampaikan permohonan maaf dalam kelalaian dalam melaporkan data terconfirmasi covid-19 , kami tidak bisa mengetahui kasus Covid-19, penambahan ini terjadi pada akhir bulan Juni 2021, pada saat karyawan ikut merayakan idul Fitri.

“Kami sampaikan kami telah menerapkan protokol kesehatan, pada tanggal 27 Juni 2021.dua orang karyawan berobat ke klinik dan terdata positif Covid-19 . Kemudian Tim
melakukan Rapidtest dan PCR kemudian terdata 24 karyawan reaktif antigen dan 108 negatif dan tim mengevaluasi karyawan yang reaktif . Dalam penanganan Covid-19 kami bekerjasama dengan rumah sakit Pusri Palembang, Untuk orang yang terindikasi terpapar sedang dan berat langsung di evakuasi kerumah sakit .

Taufik kadinkes Lahat mengatakan ini akibat kelalaian jadi kita bersama mencari solusi bersama.kita harus wajib lapor dari perusahaan karyawan yang masuk dan keluar. kemudian data harus valid jadi kordinasi sangat di perlukan dan kurang pengawasan ini membahayakan masyarakat di kab Lahat.

“Selain mengenai sampah yang terpapar covid -19 harus ada penanganan khusus dan pakaian tidak boleh di loundry . kita harus kerjasama jangan ada yang di sembunyikan mudah mudahan ini menjadi pelajaran kita bersama,” katanya

Terkait hal tersebut Bupati Lahat Cik Ujang SH mengatakan kepada PT Supreme Energi Rantau Dedap untuk bersama mencari solusi, kepada Camat Lurah, kades harus tau data yang terkonfirmasi di wilayah masing masing ini menyangkut hidup orang banyak , kita harus cari solusi, dan kita harus sama sama kompak bersatu untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 .

“Jadi mari kordinasi jangan lagi teledor jangan ragu ragu mari bersama sama mencegah penyebaran covid-19 ini untuk kebaikan masyakat kabupaten Lahat,” kata Bupati Lahat.

Berdasarkan data di rakor Total karyawan reaktif antigen dan Positif PCR yaitu total keseluruhan 604 karyawan, total isolasi di Lahat 213 karyawan, total isolasi di Palembang 388 karyawan, Perawatan di rumah sakit 3 karyawan .

Dalam rapat diambil keputusan dalam mencegah dan memutuskan penyebaran dan penanganan Covid-19 di kabupaten Lahat akan di buat pos Tim gugus tugas di jalan ke PT Supreme Energi Rantau Dedap. satgas tergabung dari kades TNI, Polri dan camat jangan sampai kecamatan Kota Agung terjadi penambahan terpapar Covid-19 lagi .

Kemudian terkait karyawan yang isolasi mandiri tempat harus di publis , yang terpapar harus prokes dan ada pengawasan dari satgas dan dari pihak PT Supreme Energi untuk memberikan data yang valid .

Dan kalau memang dari PT Supreme Energi Rantau Dedap masih belum mengindahkan sehingga akan membahayakan masyarakat terpapar Covid-19 maka akan di ambil tindakan tegas jalan akan di tutup . (EY)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater