KATA PANYAHUTI MATONDANG, INI SOLUSI ATASI DEBU JALAN MERAPI AREA

MOBIL PENGHISAP DEBU

Kamis, 25-November-2021, 00:30


LAHAT – Sejak adanya ekploitasi sumber daya alam Batubara di Kabupaten Lahat, Debu adalah salah satu masalah.

Debu bertebaran disepanjang jalan disebabkan oleh kendaraan batu bara, baik dari debu Batubara itu sendiri maupun dari tanah yang terangkut ban mobil dumdtruck pengangkut batubara.

Puncanya kemarin (Senin, 5/7/21) Emak emak yang tergabung dalam Perempuan Peduli Lingkungan Merapi Area melakukan unjuk rasa di DPRD Lahat, menuntut penanganan masalah debu dan konpensasinya.

Demo Emak emak tersebut menyita perhatian publik, dan viral di media sosial, Dari semua status dan komentar menanggapi demo tersebut, ada satu komentator yang memberi solusi cerdas, yaitu Panyahuti Matondang.

Diketahui bahwa Panyahuti Matondang adalah seorang akademisi, seorang tenaga pendidik yang saat ini menjabat Kepala Sekolah SMK Negeri di Kabupaten Lahat tepatnya di Kecamatan Merapi Timur, yang kesehariannya salah satu penikmat debu jalanan sepanjang jalur lintas Merapi Area.

Dalam menanggapi riuhnya masalah aksi emak emak tersebut, Panyahuti menuliskan komentarnya :

Tidak like/suka dari netizen atas komentarnya, tapi usulnya idenya adalah salah satu yang terbaik dalam menyikapi masalah debu di sepanjang jalan merapi area, dimana debu telah menjadi masalah terbesar polusi lingkungan

“Seharusnya Perusahaan membeli mobil penghisap debu, karena penyiraman air atas debu bukan solusi, debu akan muncul kembali setelah air kering” demikian inti dari komentar peraih gelar Doktor (S3) pada Prodi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Padang ini

MODEL E-ASSESSMENT DIAGNOSTIK PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Bukan hanya debu yang muncul kembali setelah di lakukan penyiraman, tapi jalan akan licin yang dapat menyebabkan kecelakaan dan kendaraan R2 dan R4 lainnya juga akan kotor.

(REDAKSI LAHAT ONLINE)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT - Jumat, 28-Januari-2022 - 21:40

Wabup Lepas Jemaah Umroh Asal Lahat

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

PAGAR GUNUNG - Kamis, 27-Januari-2022 - 19:23

DESA DANAU GELAR MUSDESUS TETAPKAN 66 KPM BLT

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater