CAMAT MULAK SEBINGKAI, HERWANSYAH SE MM, BUKA BIMTEK SDGS 2021 DIIKUTI SEPULUH DESA

Selasa, 22-Juni-2021, 16:34



KEBAN AGUNG – Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Mulaka Sebingkai, Kabupaten Lahat, Sepuluh Desa yang ada di wilayah tersebut melaksanakan bimtek pembekalan kelompok kerja (Pokja) relawan pendataan Desa (SDGs Desa) Se-Kecamatan Mulak Sebingkai tahun anggran 2021, Selasa, (22/06/21)

Hadir dalam acara tersebut Camat Mulak Sebingkai Herwansyah SE MM, Ketua Forum Kades Mulak Sebingkai Wasrianto. Sapriasyah SP Tenaga Ahli pemberdayaan Pendamping Desa Kabupaten Lahat,
Handoko, Kordinator tenaga ahli Pendamping Desa,
Rahcamt Cahyadi Tenaga ahli tepat guna (ttg)
Koordinator Bumdes Dwi
Fandli Kordinator tenaga ahli pembangunan parsipativ ta (Ped) dan sepuluh kepala Desa serta operator, sekdes yang ada diwilayah Kecamatan Mulak Sebingkai.

“Pembekalan kelompok kerja (Pokja) relawan pendataan Desa (SDGs Desa) S-Kecamatan Mulak Sebingkai langsung dibuka oleh Camat Herwansyah SE, MM. Dalam sambutannya Herwansyah SE, MM menyampaikan ucapan selamat datang kepada pendamping Desa Kabupaten Lahat sebagai Nara sumber bimtek ini.

” SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaringan dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Dalam bahas kerennya Sustainable Development Goals disingkat SDGs.

Lanjut Herwansyah, SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021, oleh sebab itu para peserta Bimtek baik itu Kades, oprator Desa dan sekdes agar benar-benar memahami SDGs”, harap Herwansyah.

Sementara itu Kordinator tenaga ahli pendamping desa dari Kabupaten Lahat sekaligus sebagai narasumber Handoko menjelaskan, merujuk dari peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa yaitu, Desa tanpa kemiskinan Desa tanpa kelaparan, Desa sehat dan sejahtera pendidikan, Desa berkualitas, Desa berkesejahteraan gender Desa layak air bersih dan sanitasi Desa yang bersinergi bersih dan terbuka pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi Desa inovasi dan infrastruktur Desa tanpa kesenjangan kawasan pemukiman Desa berkelanjutan konsumsi dan produksi Desa yang sadar lingkungan pengendalian dan perubahan iklim oleh Desa ekosistem laut, desa ekosistem daratan, Desa, damai dan berkeadilan kemitraan untuk pembangunan desa kelembagaan, desa dinamis dan budaya desa adaptif”, terang Handoko

“Upaya pencapaian SDGs desa dalam situasi dan kondisi pandemi Covid-19 tidak lah mudah, karena itulah penggunaan dana desa 2021 diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang mendukung pencapaian 10 (sepuluh) SDGs desa yang berkaitan dengan kegiatan pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional dan adaptasi kebiasaan baru baru desa.

Adapun 10 SDGs dimaksud dalam situasi kondisi pandemi ini adalah, desa tanpa kemiskinan, Desa tanpa kelaparan, Desa sehat sejahtera, keterlibatan perempuan desa, Desa bersinergi bersih terbuka pertumbuhan ekonomi desa merata, konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan.

Lanjut Handoko, pembangunan desa dan kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif pihak yang terlibat dalam proses pemutakhiran data SDGs desa ialah, Kelompok kerja relawan pendataan desa, pemerintah daerah Kabupaten/kota, pemerintah provinsi dan kementrian desa PDT, dan transmigrasi dengan merujuk pada Permen Desa PDTT no 21/2020 Pokja relawan pendataaan desa”, ungkapnya (Benz Tahrim)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN

LAHAT - Rabu, 27-Maret-2024 - 17:54

Guru Penggerak Terus Bertambah 

selengkapnya..

KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater