POSYANDU DESA TEBING TINGGI LAYANI KESEHATAN WARGA

Kamis, 17-Juni-2021, 21:55


TEBING TINGGI – Posyandu merupakan fasilitas kesehatan dari masyarakat dan untuk masyarakat. jenis pelayanan kepada anak-anak berupa penimbangan untuk memantau pertumbuhan anak. manfaatnya memberikan pelayanan kesehatan kepada ibu dan anak, KB, imunisasi, Gizi dan penanggulangan Diare.

Sedangkan posyandu Lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati yang pengelolaannya oleh masyarakat untuk mendapatkan pelayanan fasilitas kesehatan. demikian yang dilakukan kader pkk Desa Tebing Tinggi Kecamatan Mulak Ulu.
Kamis (17/06/2021).

Ketika dikonfirmasi KUPTD Puskesmas Muara Tiga EVA AGUSTINA,SKm,MM mengatakan, “kegiatan posyandu meliputi penimbangan Balita rutin tiap bulan. tujuannya untuk memantau pertumbuhan dan mendeteksi sejak dini penyimpangan pertumbuhan balita. selain itu, melalui imunisasi ini balita akan mendapatkan layanan seperti BCG, untuk mencegah penyakit TBC, DPT untuk mencegah penyakit Defteri pertusis (batuk rejan), tetanus, Hepatitis B untuk mencegah penyakit Hepatitis B (penyakit kuning).

Dikatakan Eva, kemudian peningkatan Gizi, dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita. untuk meningkatkan Gizi balita. petugas memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, Mpasi, stimulus tumbuh kembang anak, diare pada balita. tahapan akhir penanggulangan diare, dengan memberikan oralit. memberikan rujukan pada penderita diare yang menunjukan tanda bahaya di puskesmas” terangnya.

Senada dikatakan Camat Mulak Ulu Elsye HARTUTI S, STP.MM ” Posyandu ialah fasilitas Kesehatan yang prinsipnya dari masyarakat untuk masyarakat.dengan rutin digelar posyandu lansia akan mendorong tingkat kesehatan balita yang produktif dan perkembangan gizi dan tumbuh kembang terpantau. dengan pemberian makanan gizi seimbang akan mencegah serta menekan angka kasus stunting.

Sedangkan posyandu lansia meliputi mendaftarkan lansia kemudian kader mencatat lansia ke buku register. dilakukan pengukuran tinggi badan, berat badan dan tekanan darah. kader melakukan pencatatan di KMS lansia meliputi, indeks massa tubuh, tekanan darah. Penyuluhan kesehatan perorangan berdasarkan KMS dan pemberian makanan tambahan. pelayanan oleh petugas profesional dari puskesmas meliputi pemeriksaan dan pengobatan ringan” ujarnya.

Dikatakannya, posyandu kegiatan rutin setiap bulannya, diharapkan para kader berdedikasi bersama elemen-elemen yang ada agar hasilnya dapat optimal. dengan dibuktikan antusiasme pengunjung kegiatan posyandu. selain itu perlu di ketahui oleh masyarakat sekarang masih masa pandemi. agar. Masyarakat waspada agar tidak terpapar covid19. dengan disiplin prokes, ingat 5 M memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas yang tidak perlu. ikuti petunjuk satgas covid yang ada didesa melalui pos ppkm. tegasnya.

Dari pantauan kegiatan posyandu berjalan lancar dengan antusias peserta. posyandu dengan melibatkan tenaga medis puskesmas Muara Tiga dibantu kader pkk desa. semua berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan.

CAPLIN SEGANTI

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT - Rabu, 27-Maret-2024 - 17:54

Guru Penggerak Terus Bertambah 

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater