Inspektorat Kabupaten Lahat Turun Kedesa Merapi Dan Suka Cinta

Rabu, 16-Juni-2021, 18:05


Lahatonline.com, Suka Cinta – Inspektorat Kabupaten Lahat turun ke lapangan untuk pemeriksaan dan pengecekan langsung hasil pengerjaan proyek desa.

Hal itu dilakukan untuk melihat pertanggungjawaban penggunaan dana desa dan alokasi dana desa (ADD) tahun anggaran 2020.

Inspektur Yunisa Rahman melalui Sarwanto Irban III, Rabu (16/06/21) melalui pemeriksaan dan pengecekan sudah menjadi agenda dan tugas rutin Inspektorat dalam tugasnya. Petugas diturun langsung ke desa untuk melihat berkas administrasi dan fisik hasil pengerjaan sejumlah pembangunan yang menggunakan dana desa dan ADD.

“Untuk mempercepat pemeriksaan Inspektorat menyebar sejumlah petugasnya seperti di tiga hari ini kami dari Irban III terbagi dua grup yaitu satu di desa merapi dan kami di suka cinta” terang Sarwanto

Dana desa dan ADD yang digunakan desa sepenuhnya harus digunakan untuk kepentingan masyarakat. Desa dilarang melakukan penyimpangan sekecil apapun dana tersebut karena sudah ada ketetapan aturannya.

Kalaupun nanti ada pelanggaran maka petugas tetap akan melakukan penanganan sesuai bentuk kesalahan yang dilakukan desa.

Hasil sementara pemeriksaan di lapangan Inspektorat didesa suka cinta dan merapi belum menemukan satupun pelanggaran yang dilakukan desa. Meski begitu pemeriksaan masih akan terus dilakukan, ujarnya 

“Bentuk pemantauan secara langsung dengan melihat hasil pengerjaan pembangunan seperti pembangunan fisik gedung, jalan, dan spal sudah kami lakukan. Termasuk pemeriksaan dokumen administrasi dan belum ada pelanggaran. Tapi proses masih jalan terus karena belum selesai semua ini,” Katanya.

Sementara itu, Camat Merapi Barat Sumarno sangat mendukung dan menyambut baik pemeriksaan dari Inspektorat Kabupaten Lahat. Karena menurutnya dengan adanya pemeriksaan ini adalah guna memberikan rasa tranparasi kepada masyarakat desa bahwa dana desa diterapkan sesuai dengan peruntukannya.

” Tentu kami sangat mendukung, jiakalaupun ada kesalahan atau kurangnya kelengkapan administrasi maka dapat dibina oleh inspektorat, namun kita harapakan bersama hal ini tidak terjadi” Pungkasnya.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater