Hindari Longsor, Pemerintah Desa Gunung Agung Merapi Barat Bangun Tembok Penahan Tanah

Selasa, 8-Juni-2021, 17:45


Lahatonline.com, Gunung Agung – Antisipasi terjadinya longsor dan merobohkan bangunan aset desa, Pemerintah Desa Gunung Agung Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat Sumatera Selatan membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) yang berfungsi untuk menstabilkan kondisi tanah dibelakang Kantor Desa, Gedung Serbaguna serta gedung Posyandu Desa Gunung Agung, Selasa (8/6/21)

Dijelaskan oleh Dafit Apriansyah Kepala Desa Gunung Agung, tembok penahan tanah yang berupa anyaman bronjong di isi batu tersebut dibangun sepanjang 44 Meter dan ketinggian 14,5 Meter dibangun seperti cincat tangga setinggi 50 CM dengan kisaran 34 anak tangga untuk melindungi tebing dari keruntuhannya dan terjadinya longsor yang berakibat fatal karena dibelakang kantor merupakan aliran sungai lematang.

” Untuk menahan jumlah bangunan yang ada, seperti gedung Posyandu, Kantor Desa dan Gedung Serba Guna sehingga kita membangun TPT dan tentunya kegiatan ini adalah merupakan hasil musyawarah desa dan disepakati bersama” Terang Dafit.

Kemudian, lanjutnya untuk dana bersumber dari dana desa tahun 2021. Dan kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak serta pembangunan tembok penahan tanah ini diawali dengan peletakan batu pertama oleh Unsur tripika di awali oleh Camat Merapi Barat diikuti oleh Kepala Desa, Ketua BPD, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Dan untuk tenaga ahli kita datangkan dari luar desa namun untuk tenaga kerja lainnya kita langsung dari warga sini” lanjut Kades.

Sementara itu Sumarno Camat merapi barat yang didampingi oleh Anton Akbar Selaku Kasi Ekobang Kecamatan Merapi Barat menyampaikan dengan dibangunnya TPT Desa Gunung Agung sangat mendukung guna kepentingan masyarakat banyak.

” Tentu kami selaku pemerintah Kabupaten khususnya Kecamatan Merapi Barat sangat mendukung dibangunnya TPT Desa Gunung Agung, karena seperti kita lihat bersama manfaat dibangunnya TPT Desa Gunung Agung guna antisipasi terjadinya longsor yang lebih besar lagi mengingat kantor berada ditepi jurang dan dibawahnya ada aliran sungai lematang ” Kata Sumarno.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater