Tim Pokja Polda Sumsel Monitoring Asistensi Polsek Pulau Pinang Polres Lahat

Kamis, 3-Juni-2021, 22:51


Lahatonline.com, Pulau Pinang -Tim pokja Polda Sumatera Selatan pada hari ini Kamis 03 Juni 2021 mengunjungi Polsek Pulau Pinang Polres Lahat.

Kehadiran tim pokja Polda Sumsel di Polsek Pulau Pinang Langsung dihantar oleh Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono, SIK diwakili Wakapolres dan diikuti PJU Polres Lahat.

Terpantau awak media, saat tiba di polsek Pulau Pinang sekitar pukul 09.00 WIB pagi wakapolres Kompol Jossy langsung memperkenalkan tim Pokja Polda Sumsel kepada unsur tripika Kecamatan Pulau Pinang.

Sama halnya di Polsek Pseksu wakapolres berharap tim pokja dapat memberikan bimbingan serta petunjuk dalam melaksanakan program terbaru dari Kapolri dalam hal ini Polsek yang tidak lagi melaksanakan penyidikan.

“Sebenarnya Pak Kapolres Mau hadir bersama – sama kita pada hari ini, namun bliau ada agenda yang tidak dapat ditinggalkan sehingga kami diwakilkan untuk mengantar tim pokja Polda Sumsel pada hari ini” Ucap Wakapolres.

Sementara itu, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol.Prof.Dr. Eko Indra Heri S.MM melalui AKBP Sinta, SIK KMA Kabagstrajemen rorena Polda Sumsel didampingi AKBP Febry K. Ma’ruf, SIK. SH, KMA Irbid I Itwasda, AKBP Munaspin, SE. M. Si KMA Kasubdit Bhabinkamtibmas Dirbinmas Polri mengatakan kehadiran mereka ialah sesuai surat perintah Kapolda Sumsel untuk melaksanakan kegiatan monitoring di Polsek Pulau Pinang.

“Kami tim pokja dari Polda Sumatera Selatan sesuai surat perintah dari Kapolda Sumsel yaitu untuk melaksanakan kegiatan monitoring asistensi terkait rencana aksi mengubah kewenangan Polsek hanya untuk harkamtibmas tidak melakukan pengidikan. Seperti diketahui bersama untuk wilayah Polres Lahat itu ada dua Polsek yaitu Polsek Pseksu dan Polsek Pulau Pinang” ujar AKBP Sinta, SIK kemedia ini.

Lanjut Sinta, dalam monitoring ini tim pokja sumsel ingin melihat apakah Keputusan Kapolri Nomor Kep/613/III/2021 tentang Penunjukan Kepolisian Sektor yang hanya bertugas Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat pada Daerah Tertentu atau dengan kata lain tidak lagi melakukan penyidikan apakah sudah di implementasikan oleh Polres atau belum, dan Alhamdulillah sudah dilaksanakan, bebernya dan bahkan di Polsek Pulau Pinang ini implementasinya jauh lebih baik karena ada kasus yang sudah diselesaikan.

“Kemudian tujuan kami datang ke Polsek Pseksu ialah untuk melaksanakan asistensi apakah kewenangan tertentu ini sudah diterapkan oleh Polsek Pseksu, karena disurat Kapolri Nomor 1092 itu sudah dijelaskan secara detil bahwa polsek yang tidak melaksanakan penyidikan mereka memiliki kewenangan tertentu dalam artian yang pertama kewenangannya mereka harus tetap menerima laporan, kemudian kedua mereka melaksanakan tindakan pertama di tempat kejadian perkara dan ketiga mereka tetap serangkaian kegiatan penyelidikan. Jadi wajib untuk melaksanakan penyelidikan yang meliputi oleh TKP, Observasi, pengumpulan keterangan saksi dan barang bukti, melakukan gelar perkara dan memutuskan apakah kasus tersebut yang akan dilimpahkan kepolres untuk tahap penyidikannya,” Jelas Sinta.

Dan Alhamdulillah, kedua polsek di Kabupaten Lahat wilayah hukum polres Lahat sudah kita monitoring dan kedua polsek twrsebut sudah menerapakan, Tutupnya.

Sementara itu, Herlambang Camat Pulau Pinang Sangat mendukung program terbaru dari Kapolri.

” Tentu kami sangat mendukung karena sudah dijelaskan oleh tim Pokja tadi sehingga kami tahu manfaat dari tidak dilakukannya penyidikan di Polsek Pulau Pinang dalam artian ini adalah prestase dan prestasi yang diberikan sehingga kecamatan yang dinaungi oleh Polsek Pulau pinang dianggap aman ” ujar herlambang

Selain perwakilan warga setempat, turut pula Camat Pulau pinang, Ketua Forum Kades serta tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT - Sabtu, 27-November-2021 - 23:34

UPDATE C-19, LAHAT TAK ADA KASUS

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MERAPI BARAT - Kamis, 25-November-2021 - 20:05

HGN, SMAN 1 Merapi Barat Gelar Berbagai Kegiatan

selengkapnya..

LAHAT SELATAN - Kamis, 25-November-2021 - 16:17

Hari Guru, SD 01 Tanjung Payang Potong Tumpeng

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater