Gara Gara Charger Handphone Rumah Hendri Nyaris Terbakar

Kamis, 3-Juni-2021, 20:36


LAHAT — Masyarakat di Desa Batay Kecamatan Gumay Talang, Kabupaten Lahat, mendadak ribut dari mulut kemulut, lantaran, gara gara Charger Handphone milik Hendri (46) warga Desa Batay Kecamatan Gumay Talang, meledak dan sempat mengeluarkan percikan api, sehingga, mengakibatkan satu unit rumah milik korban nyaris terbakar.

Peristiwa kejadian tersebut, pada Kamis (03/06/2021) kemarin, sekitar pukul 11.00 WIB, beruntung dalam kejadian itu, warga sekitar lokasi kejadian cepat memberikan pertolongan, sehingga, api pun bisa dapat segera dijinakkan.

Dari peristiwa meledaknya Charger Handphone tersebut, korban tidak mengalami kerugian yang besar, serta tidak sampai menelan korban jiwa. Namun, sempat membuat warga sekitar berhamburan keluar rumah, saat mendengar teriakan mintak tolong dan melihat adanya percikan api dari rumah Hendri ini.

“Benar, saat itu saya lagi ngecash obyek lampu emergency didalam rumah. Lalu, tak lama berselang saya mendengar suara seperti ledakan disertai menggeluarkan percikan api,” ungkap korban Hendri (46) warga Desa Batay Kecamatan Gumay Talang, Kabupaten Lahat, dibincangi dilokasi kejadian pada Kamis (03/06/2021) kemarin, dengan nada sedikit terpatah-patah.

Karena, di Charger Handphone itu sambung korban telah menggeluarkan seperti percikan api, dirinya langsung saja keluar dan berteriak mintak tolong. Lantas, tak lama, warga tetangga datang memberikan pertolongan.

“Alhamdulillah, percikan api yang keluar dari Charger Handphone tersebut, bisa langsung dipadamkan. Saya tidak menggalami apa apa, dan tidak ada kerugian, saya bersyukur percikan api itu tidak sampai membesar dan membakar rumah saya,” ujarnya.

Sementara, Kasat Pol-PP, Linmas, dan Damkar Pemkab Lahat Fauzan Khoiri Denin AP MM dikonfirmasi membenarkan, bahwa pihaknya sekitar pukul 11.00 WIB, telah menerima info kebakaran yang terjadi di Desa Batay Kecamatan Gumay Talang Kabupaten Lahat.

“Tanpa mengulur waktu anggota Damkar langsung berangkat terjun kelokasi kejadian. Sesampai di TKP ternyata nyaris terbakar satu unit rumah milik korban Hendri (46) pasalnya gara gara Ngecash obyek lampu emergency dalam rumah,” kata Fauzan.

Untuk penanggulangan yang dilakukan oleh Satdamkar sendiri, dijelaskan Fauzan, dengan menerjunkan sedikitnya dua (2) armada dengan kekuangan anggota berjumlah 20 orang, lalu, satu (1) unit mobil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Lahat, serta Ramad Tangki 5 orang.

“Beruntung dari percikan api Charger Handphone itu, cepat diketahui dan proses evakuasi dibantu warga sekitar lokasi kejadian dapat segera menjinakkan api dan tidak sampai membesar, apalagi membakar rumah korban Hendri ini,” ucap Fauzan lagi.

Kalau menurut penuturan korban, ditambahkan Kasat Pol-PP, Linmas, dan Damkar Pemkab Lahat, berawal korban sedang melakukan pengecasan terhadap obyek lampu emergency, tidak lama kemudian, tiba tiba mendengar suara seperti ledakan ditambah keluarnya percikan api dari Charger tersebut.

“Tak pelak, korbanpun langsung berteriak mintak tolong. Warga sekitar lokasi kejadian pun datang dan membantu korban. Intinya, obyek lampu Emergency dalam rumah yang sedang di Cash oleh korban tiba tiba meledak. Guna untuk mengantisipasi adanya kejadian, mobil Damkar dan anggota kita Stanbaykan di TKP,” tutupnya.

Terakhir, Fauzan menghimbau bagi seluruh masyarakat Kabupaten Lahat, dikarenakan saat ini telah memasuki musim kemarau diberitahukan agar dapat lebih berhati hati.

Bagi warga yang hendak bepergian keluar rumah baik dekat, jauh, apalagi keluar Kota kiranya dapat lebih berhati hati lagi saat hendak meninggalkan rumah. “Periksa semua yang berhubung dengan api, lihat dan pastikan bahwa benar benar aman, dan juga dimintak warga tidak sembarangan membuang sisa rokok (pontong-red), termasuk bagi pengendara baik R2 maupun R4 saat melintas di manapun,” pesan Kasat Pol-PP, Linmas, dan Damkar Pemkab Lahat. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

ARTIKEL/OPINI - Selasa, 19-Oktober-2021 - 07:35

Hefra Lahaldi : “Transformasi”

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater