Tim Pokja Polda Sumsel Monitoring Asistensi Polsek PSEKSU Polres Lahat

Rabu, 2-Juni-2021, 23:43


Lahatonline.com, Lubuk Mabar -Tim pokja Polda Sumatera Selatan pada hari ini Rabu 02 Juni 2021 mengunjungi Mapolres Lahat.

Kehadiran tim pokja Polda Sumsel di Mapolres Lahat langsung disambut hangat oleh Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono, SIK didampingi Wakapolres serta PJU Polres Lahat.

Tiba sekitar pukul 15.30 WIB di Kabupaten Lahat, tim istirahat sejenak di Mapolres Lahat untuk melaksanakan Salat Asar berjamaah. Usai Salat Tim Pokja Polda Sumsel beserta rombongan dan diikuti oleh Kapolres Lahat langsung menuju Polsek PSEKSU Kecamatan PSEKSU Kabupaten Lahat.

Terpantau awak media, saat tiba di polsek PSEKSU sekitar pukul 17.00 WIB, Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono, SIK langsung memperkenalkan tim Pokja Polda Sumsel kepada unsur tripika Kecamatan PSEKSU.

Achmad Gusti Hartono berharap tim pokja dapat memberikan bimbingan serta petunjuk dalam melaksanakan program terbaru dari Kapolri dalam hal ini Polsek yang tidak lagi melaksanakan penyidikan.

Sementara itu, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol.Prof.Dr. Eko Indra Heri S.MM melalui AKBP Sinta, SIK KMA Kabagstrajemen rorena Polda Sumsel didampingi AKBP Febry K. Ma’ruf, SIK. SH, KMA Irbid I Itwasda, AKBP Munaspin, SE. M. Si KMA Kasubdit Bhabinkamtibmas Dirbinmas Polri mengatakan kehadiran mereka ialah sesuai surat perintah Kapolda Sumsel untuk melaksanakan kegiatan monitoring di Polsek PSEKSU.

“Kami tim pokja dari Polda Sumatera Selatan sesuai surat perintah dari Kapolda Sumsel yaitu untuk melaksanakan kegiatan monitoring asistensi terkait rencana aksi mengubah kewenangan Polsek hanya untuk harkamtibmas tidak melakukan pengidikan. Seperti diketahui bersama untuk wilayah Polres Lahat itu ada dua Polsek yaitu Polsek Pseksu dan Polsek Pulau Pinang” ujar AKBP Sinta, SIK kemedia ini.

Lanjut Sinta, dalam monitoring ini tim pokja sumsel ingin melihat apakah Keputusan Kapolri Nomor Kep/613/III/2021 tentang Penunjukan Kepolisian Sektor yang hanya bertugas Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat pada Daerah Tertentu atau dengan kata lain tidak lagi melakukan penyidikan apakah sudah di implementasikan oleh Polres atau belum, dan Alhamdulillah sudah dilaksanakan, bebernya.

“Kemudian tujuan kami datang ke Polsek Pseksu ialah untuk melaksanakan asistensi apakah kewenangan tertentu ini sudah diterapkan oleh Polsek Pseksu, karena disurat Kapolri Nomor 1092 itu sudah dijelaskan secara detil bahwa polsek yang tidak melaksanakan penyidikan mereka memiliki kewenangan tertentu dalam artian yang pertama kewenagannya mereka harus tetap menerima laporan, kemudian kedua mereka melaksanakan tindakan pertama di tempat kejadian perkara dan ketiga mereka tetap serangkaian kegiatan penyelidikan. Jadi wajib untuk melaksanakan penyelidikan yang meliputi oleh TKP, Observasi, pengumpulan keterangan saksi dan barang bukti, melakukan gelar perkara dan memutuskan apakah kasus tersebut yang akan dilimpahkan kepolres untuk tahap penyidikannya,” Jelas Sinta.

Selanjutnya, Ramlan Sarnubi warga setempat sangat mendukung polsek tidak melakukan penyidikan.

” Tentu kami sangat mendukung karena sudah dijelaskan oleh tim Pokja tadi sehingga kami tahu manfaat dari tidak dilakukannya penyidikan di Polsek Pseksu ” Kata Sarnubi.

Selain perwakilan warga setempat, turut pula Camat Pseksu, Ketua Forum Kades serta tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater